Dikelilingi 7 Kabupaten, Ini Sederet Fakta tentang Danau Toba
Dikelilingi 7 Kabupaten, Ini Sederet Fakta tentang Danau Toba
Dikelilingi 7 Kabupaten, Ini Sederet Fakta tentang Danau Toba

Travel

Dikelilingi 7 Kabupaten, Ini Sederet Fakta tentang Danau Toba

24 Januari 2024

Share

Bicara soal pesona wisata Indonesia, tentu nggak akan ada habisnya, sob. Terlahir sebagai negara Kepulauan, Indonesia memang sangat masyhur dengan keindahan alamnya. Mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua hingga pulau-pulau kecilnya.

 

Setiap pulau di Indonesia seakan punya destinasi yang jadi daya tarik wisatawan. Misalnya Danau Toba di Sumatera Utara. Danau dengan kedalaman lebih dari 500 meter itu, jadi salah satu epicentrum wisata di Pulau Sumatera. Tempat dengan panorama yang indah dan kaya akan budaya.

 

Minimal sekali seumur hidup, sobat TRAC mesti cobain liburan ke Danau Toba. Nyebrang ke Pulau Samosir di tengahnya, hingga cuci mata dengan melipir ke Bukit Holbung yang jadi titik terbaik menikmati keindahannya.

 

Nggak cuma soal pesonanya yang selalu memikat hati wisatawan, Danau Toba juga ternyata menyimpan sederet fakta. Penasaran apa aja? Simak informasi berikut ya, sob.

 

 

 

5 Fakta tentang Danau Toba

 

Dikelilingi 7 Kabupaten

 

Secara geografis, lokasi Danau Toba berada di ketinggian 905 meter. Uniknya, destinasi wisata satu ini nggak cuma tercatat pada satu wilayah administrasi saja, melainkan tujuh.

 

Membentang sepanjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, Danau Toba dikelilingi tujuh Kabupaten sekaligus, sob. Diantaranya Kabupaten Toba, Dairi, Simalungun, Samosir, Humban Hadundutan, Tapanuli Utara, serta Karo.

 

Dengan area yang begitu luas, Danau Toba tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga menjadi cadangan air tawar yang melimpah bagi penduduk setempat.

 

Danau Toba di Sumatera Utara Membentang Luas dan Dikelilingi 7 Kabupaten

 

Hasil Letusan Gunung Toba

 

Meski ada cerita rakyat yang melegenda kalau Danau Toba terbentuk dari kisah satu keluarga yang melanggar sumpah, nyatanya dibarengi juga dengan satu fakta yang ada.

 

 

 

Mengutip dari kompas.com Danau Toba sejatinya merupakan kaldera hasil letusan Gunung Toba yang terjadi ribuan tahun lalu. Nggak cuma sekali, letusan itu terjadi hingga tiga kali dan tercatat sebagai salah satu letusan gunung paling dahsyat yang pernah terjadi di bumi.

 

Danau Vulkanik Terbesar Dunia

 

Terbentuk akibat letusan gunung purba, membuat Danau Toba jadi danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba diketahui punya kedalaman lebih dari 500 meter, serta panjang mencapai 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Saking luasnya, butuh sekitar 4 jam berkendara untuk mengelilinginya, sob.

 

Kapal Feri sedang melintas di Danau Toba, Sumatera Utara

 

Jadi Geopark UNESCO

 

Pada 2020, induk organisasi pendidikan dan budaya dunia, UNESCO menetapkan Danau Toba sebagai kawasan UNESCO Global Geopark. Penetapan dilakukan dalam sidang eksekutif UNESCO ke-209 di Paris, Perancis.

 

Ditetapkannya Danau Toba sebagai Geopark UNESCO menambah jumlah situs geopark Indonesia yang telah dinobatkan sebelumnya. Yakni Geopark Batur, Cileteuh, Gunung Sewu, serta Rinjani.

 

Destinasi Super Prioritas Indonesia

 

Pertengahan April 2021, Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia. Danau Toba masuk dalam salah satunya, bersama Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, serta Likupang.

 

 

 

Dikutip dari situs www.kemenparekraf.go.id program destinasi super prioritas ini merupakan bagian dari program “10 Bali Baru” yang dicanang pemerintah, sob.

 

Destinasi tersebut diharapkan nggak cuma jadi daya tarik wisatawan, tapi juga menumbuhkan peluang ekonomi kreatif yang bisa dinikmati penduduk setempat.

 

 

Gimana sob, jadi makin nggak sabar buat liburan ke Danau Toba? Biar lebih nyaman, sobat TRAC bisa pakai rental mobil Medan dari TRAC. Selain nggak perlu pusing mikirin rute perjalanan, sobat juga bisa lebih santai menikmati setiap momen di jalan. 

 

Pesan sekarang lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Playstore maupun Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp