Jadwal dan Fakta Festival Lampion Waisak 2024 di Borobudur
Jadwal dan Fakta Festival Lampion Waisak 2024 di Borobudur
Jadwal dan Fakta Festival Lampion Waisak 2024 di Borobudur

Travel

Jadwal dan Fakta Festival Lampion Waisak 2024 di Borobudur

13 Mei 2024

Share

Perayaan Hari Raya Waisak atau yang juga sering disebut Trisuci Waisak sangat erat kaitannya dengan Festival lampion, terutama di Candi Borobudur. Nggak cuma indah, prosesi ini juga begitu sakral dan punya filosofi yang mendalam terutama buat umat Buddha yang merayakannya.

 

Tahun ini, puncak perayaan Trisuci Waisak 2568 BE jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024. Tema yang diusung adalah “Untuk Hidup Bahagia sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran yang Diajarkan oleh Sang Buddha; Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan, dan Kebencian”.

 

Momentum festival lampion saat hari raya Waisak nggak cuma menyedot perhatian umat Buddha saja tetapi juga umat agama lain. Makanya jangan heran kalau banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang rela “war tiket” agar bisa ikut dalam perayaan tahunan ini.

 

 

 

3 Hal tentang Festival Lampion Waisak 2024 di Candi Borobudur

 

Makna Festival Lampion Waisak

 

Festival lampion Waisak bisa dibilang adalah puncak dari rangkaian perayaan Trisuci Waisak. Sebagai candi Buddha terbesar di tanah air, perayaan Waisak di sini menjadi yang paling besar, lengkap dengan festival lampionnya. 

 

Prosesi penerbangan lampion pada Hari Raya Waisak nggak cuma sekadar seremonial belaka, tapi juga punya nilai spiritual yang mendalam. Cahaya lampion dipercaya dapat menghilangkan hal-hal negatif, selain itu pelepasan lampion juga menjadi wujud dari impian dan harapan.

 

Umat Buddha akan menuliskan doa dan harapan di lampion yang akan diterbangkan. Jadi, nggak cuma keren tapi juga penuh makna dan harapan, sob.

 

Lokasi dan Harga Tiket Festival Lampion Waisak 2024

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Lampion Waisak 2024 diselenggarakan di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Marga utama merupakan jalur utama yang memanjang menuju bangunan utama candi. Dari sini Sobat bisa melihat megahnya Candi Borobudur secara proporsional.

 

Tiket sekaligus donasi untuk Festival Lampion Waisak 2024 di Candi Borobudur mulai dari Rp300an ribu, belum termasuk tiket masuk kawasan candi atau tiket reguler. Tiket ini dijual melalui situs resmi borobudurpark.com maupun situs agen perjalanan yang bekerjasama. 

 

 

 

Karena antusiasme yang besar, tiket Festival Lampion Waisak 2024 di Candi Borobudur sudah ludes terjual hanya beberapa jam setelah dibuka.

 

Dilansir dari berbagai sumber, tampaknya pihak penyelenggara belum berencana untuk menambah jumlah tiket untuk umum mengingat acara ini merupakan bagian dari rangkaian peribadatan dan akan mendahulukan kebutuhan umat.

 

Kalau sobat ingin menyaksikan langsung sakralnya acara ini di tahun mendatang, perayaan Waisak berikutnya diperkirakan jatuh pada 12 Mei 2025. Jadi cek informasi penjualan tiketnya secara berkala sejak tiga bulan sebelum tanggal tersebut ya.

 

Peraturan Festival Lampion Waisak 2024

 

Untuk kelancaran acara, pengunjung dibatasi minimal berusia 7 tahun dan anak-anak wajib didampingi orang tua. Sobat TRAC yang sudah berhasil mengamankan tiket tahun ini, jangan lupa melakukan penukaran tiket pada hari H mulai dari pukul 07.00 - 17.00 dengan membawa kartu identitas dan bukti pembelian.

 

Pemegang tiket wajib hadir sesuai dengan sesi yang dipilih. Jadi kalau membeli tiket untuk sesi I tentunya nggak bisa ikut lagi di sesi selanjutnya.

 

Untuk dress code disarankan menggunakan pakaian serba putih baik atasan maupun bawahan. Karena ini merupakan acara keagamaan dan diselenggarakan di rumah ibadah, maka pakaian yang sopan dan rapi jadi hal yang wajib.

 

 

 

Selama acara berlangsung, non-aktifkan nada dering ponsel atau bisa juga sejenak mematikannya sejenak biar nggak mengganggu prosesi acara. Penyelenggara akan melakukan pemeriksaan barang bawaan karena selama acara pelepasan lampion, peserta dilarang makan dan minum.

 

Rencananya akan ada lebih dari 2000 lampion yang mengangkasa pada Hari Raya Waisak 2024 di Candi Borobudur. Setiap lampion nantinya diterbangkan oleh 4 orang, jadi bukan setiap orang mendapatkan satu lampion ya, sob!

 

Acara lain di Candi Borobudur

 

Selain Festival Lampion, terdapat beberapa acara lain yang masih berkaitan dengan peringatan Trisuci Waisak 2568 BE/ 2024. Jadi, sobat yang sudah berencana liburan ke Jogja dan Magelang tetap bisa merasakan khidmat sekaligus serunya suasana peringatan Trisuci Waisak 2568 BE/ 2024 ini di sekitar Candi Borobudur.

 

Borobudur Peace and Prosperity Festival 2024 (BPF 2024)

 

Selama tiga hari dari 21-23 Mei 2024 gelaran ini memiliki empat acara yang tersebar di beberapa tempat. Pada 21 Mei ada prosesi Larung Pelita Purnama Siddhi 2024 yang bertempat di Candi Pawon dan Sungai Progo.

 

Hampir sama dengan penerbangan lampion, peserta di acara ini akan menuliskan doa dan harapannya dan melarangnya di sungai menggunakan lentera yang ramah lingkungan.

 

Di keesokan harinya di tempat yang sama akan diselenggarakan Merti Karuna Bhumi. Di acara ini akan ada pertunjukan budaya jawa serta tradisi Ngiwak/Fangshen yaitu melepaskan ikan ke Sungai Progo sebagai simbol pelestarian alam.

 

Tiket dan donasi Larung Pelita Purnama Siddhi dan Merti Karuna Bhumi bisa didapatkan secara online di agen perjalanan online yang bekerjasama.

 

 

 

Meditasi sambil berjalan kaki: Cakravartin Digvijaya Pradaksina “Peace and Miracle in Every Step” 

 

Pradaksina merupakan kegiatan penghormatan dengan mengelilingi sebuah objek pemujaan, hal ini biasa dilakukan oleh umat Buddha. Nah, kali ini peserta di luar umat Buddha juga berkesempatan ikut serta secara langsung untuk mengikuti dan merasakan Pradaksina. 

 

Nikmati syahdunya mengelilingi pelataran Candi Borobudur di pagi hari sambil didampingi oleh para praktisi “mindfulness”. Kegiatan ini diselenggarakan pada 24 Mei 2024 pukul 07.00-09.00.

 

Untuk bergabung dalam acara ini, sobat cuma perlu berdonasi Rp100 ribu dengan membeli tiket di siniOh iya donasi tersebut juga sudah termasuk tiket masuk/tiket reguler kawasan Candi Borobudur ya.

 

Ke Borobudur atau Long Weekend di Yogya Enaknya Pakai Rental Mobil TRAC

 

Rangkaian perayaan Waisak di Candi Borobudur setiap tahunnya selalu menarik perhatian para wisatawan. Banyak orang yang berbondong-bondong datang ke sana.

 

Kalau sobat juga tertarik mengisi long weekend ini dengan bertandang ke Candi Borobudur, maka cara paling aman dan nyaman adalah dengan menggunakan rental mobil Yogyakarta dari TRAC.

 

Merujuk Surat Keterangan Bersama 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama, Perayaan 2568 BE pada Kamis, 23 Mei 2024 mendatang ini merupakan long weekend lho! Pada surat keputusan tersebut, ‘hari kejepit’ pada Jumat (24/5/2024) dinyatakan sebagai cuti bersama. Sobat TRAC libur juga nggak nih?

 

Kalau Sobat berencana mengisi long weekend ini di kawasan Yogyakarta, sebaiknya segera melakukan pemesanan rental mobil untuk menjelajah setiap sudut kota.

 

 

 

Para umat yang akan beribadah maupun wisatawan yang ikut dalam perayaan Waisak biasanya juga akan memulai perjalanannya dari Yogyakarta dan tentunya mereka juga memerlukan dukungan transportasi seperti rental mobil lepas kunci Yogyakarta.

 

Saat membutuhkan dukungan transportasi, pastikan Sobat memilih rental mobil yang profesional dan memiliki kredibilitas yang baik. Layanan rental mobil dari TRAC sudah tentu menjadi pilihan yang paling tepat untuk menemani perjalananmu. 

 

Ada dua pilihan layanan rental mobil TRAC yang bisa sobat gunakan untuk menghadiri perayaan festival lampion di Candi Borobudur maupun sekadar berwisata.

 

Rental mobil dengan pengemudi cocok untuk sobat TRAC yang ingin bersantai sepanjang perjalanan. Serahkan saja urusan lalu lintas dan mencari parkir pada pengemudi profesionnal dari TRAC.

 

Tapi kalau sobat mau seru-seruan di perjalanan tanpa canggung atas kehadiran orang lain maka rental mobil lepas kunci Yogyakarta jadi pilihan yang paling pas. 

 

Apapun layanan rental mobil Yogyakarta yang dipilih, pesan dengan mudah lewat aplikasi TRACtoGo. Dapatkan diskon hingga Rp250 ribu dengan menggunakan kode promo TRACSILAHTURAHMISD untuk rental mobil lepas kunci dan TRACSILAHTURAHMIWD untuk rental mobil dengan pengemudi.

 

Buruan install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore atau Apple Appstore, karena promo Saleturahmi Bareng TRAC ini hanya berlaku untuk pemesanan hingga 31 Mei 2024. 

 

BANNER THUMBNAIL - TRAC SALETURAHMI.jpg

 

Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk rekomendasi menarik lainnya seputar event, rekomendasi wisata hingga promo.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp