Jelajah Kuliner Legendaris Bali dengan Rental Mobil
Jelajah Kuliner Legendaris Bali dengan Rental Mobil
Jelajah Kuliner Legendaris Bali dengan Rental Mobil

Travel

Jelajah Kuliner Legendaris Bali dengan Rental Mobil

19 Mei 2023

Share

Kuliner legendaris Bali jadi salah satu daya tarik wisatawan kala bertandang ke Pulau Dewata. Jelajah kuliner legendaris ini seperti petualangan yang tak pernah berakhir. Karena akan membawa Sobat TRAC melintasi benua, budaya, dan citarasa yang  menawarkan Anda kesempatan untuk menjelajahi dunia lewat indera perasa.

 

Terkenal dengan pantainya yang masih asli, pemandangan hijau nan asri, dan budaya yang menawan, Bali adalah surga tersendiri. Diantara banyak keindahannya, pulau ini juga merupakan rumah bagi berbagai pilihan masakan lezat yang tak ada habisnya. Bali menawarkan keragaman kuliner yang kaya dan beragam.

 

Kali ini TRAC akan memandu untuk menjelajahi lanskap kuliner Bali, menunjukkan destinasi yang wajib dikunjungi untuk setiap pecinta kuliner. Memperkenalkan lima hidangan legendaris yang menjadi representasi budaya makanan Bali.

 

Jadi, pasang sabuk pengaman dan siapkan perut kosong serta lidah saat kita memulai roadtrip yang tak terlupakan ini. Mari menikmati sajian kuliner legendaris Bali yang pastinya siap menggugah selera.

 

 

 

5 Kuliner Legendaris Bali

 

1. Es Waneng Tabanan

 

Warung Es Waneng yang terletak di pinggir Jalan Mawar, Desa Delod Peken, Kota Tabanan. Warung ini  terkenal sebagai tempat yang wajib dikunjungi untuk membeli es kopyor dan minuman lokal yang cocok memberikan kesegaran di hari yang panas.

 

Bahan utama Es Waneng adalah santan yang diolah dengan cara membakar kelapa terlebih dahulu untuk menambah citarasa. Racikan yang dihasilkan dicampur dengan gula pasir dan es batu. Beberapa orang suka menikmatinya dengan cara yang unik yaitu mencampurnya dengan potongan roti. 

 

Es Waneng kaya akan sejarah. Warung ini didirikan tahun 1938 oleh I Nengah Waneng, yang namanya diabadikan menjadi Warung Es Waneng. Awalnya, I Nengah Waneng menjual es kreasinya dari gerobak di pinggir jalan.

 

Namun, kini meski gerobak aslinya sudah tidak utuh, tradisi menggunakan gerobak sebagai wadah es masih digunakan. Saat ini, Ni Nyoman Jumartini, anak bungsu dari mendiang perintis masih melanjutkan warisan ayahnya dengan menjalankan bisnis Es Waneng.

 

 

 

Buka setiap hari mulai pukul 09:30. sampai 6:00 sore, Warung Es Waneng menarik beragam pelanggan. Di hari minggu warung akan sangat ramai, anak-anak dan orang dewasa berkumpul untuk menikmati suguhan istimewa ini.

 

2. Betutu Pak Mangku Gunung Lebah Ubud

 

Sepintas, warung ini mungkin tampak seperti rumah penduduk biasa. Berlokasi di Banjar Penestanan Kaja, Sayan, Ubud, tempat ini adalah tujuan kuliner yang dipuja oleh penduduk lokal dan turis.

 

Mendiang praktisi kuliner Indonesia, Bondan Winarno, pernah merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang mencari citarasa asli Bali. Tidak seperti tempat makan pada umumnya, semua yang ingin makan di sini harus memesan setidaknya satu hari sebelumnya.

 

Hidangan khas di tempat ini adalah Betutu tradisional Bali, tersedia dalam versi ayam dan bebek. Gaya Betutu yang disajikan adalah salah satu varian dari Betutu Gianyar yang terkenal dengan cita rasa yang kaya, gurih, dan daging yang sangat empuk. 

 

Rahasia kelezatan betutu disini terletak pada proses memasaknya. Ayam atau bebek dimasak lambat menggunakan arang sekam selama kurang lebih 12 jam dan kemudian dibungkus dengan daun pisang, untuk menjaga rasa dan kesegarannya.

 

Setiap gigitan merupakan perayaan seni kuliner tradisional Bali, dengan tekstur daging yang lembut dan kedalaman rasa yang meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

 

Untuk melakukan pemesanan, Sobat TRAC dapat menghubungi (0361) 977808 sebelum jam 3 sore. Seekor ayam dihargai Rp 95.000 dan bebek Rp 110.000. Setelah melakukan pemesanan, Sobat TRAC dapat mengambilnya keesokan harinya dan menikmati kuliner legendaris Bali ini.

 

 

 

3. Blayag Mek Sambru

 

Blayag Mek Sambru adalah warisan kuliner yang kaya akan sejarah. Makanan di sini telah memuaskan selera lokal maupun wisatawan selama lebih dari 55 tahun. Berasal dari daerah Karangasem Bali, Blayag adalah makanan khas Bali yang terbuat dari nasi yang menyerupai ketupat.

 

Ni Made Resi, yang akrab disapa Mek Sambru telah menjadi penggerak di balik mahakarya kuliner ini sejak tahun 1967. Terinspirasi oleh Blayag buatan ibunya, Mek Sambru mulai menjualnya di Jalan Raya Gajah Mada di Amlapura dan terus melakukannya hingga hari ini.

 

Blayag Mek Sambru terkenal dengan pilihan menunya yang beragam, biasanya disertai dengan 16 lauk Bali yang berbeda. Kenikmatan kuliner ini memadukan berbagai rasa, antara lain pemelicingan, plalah, alas gede, sate ayam, lalah tempe pedas manis, dan aneka urap sayuran yang dipadukan dengan saur kacang (semacam serundeng) dan bumbu kacang.

 

Dengan Rp 25.000 untuk satu porsi penuh, pengunjung dapat menikmati menu tradisional Karangasem yang disesuaikan dengan selera mereka. Bagi yang ingin membawa pulang Blayag bisa melakukannya hanya dengan Rp. 10.000.

 

Untuk merasakan Blayag Mek Sambru, pergilah ke Jalan Raya Gajah Mada di Amlapura, Kabupaten Karangasem. Mek Sambru biasanya bisa ditemui menjajakan kreasi kulinernya di emperan toko pinggir jalan. Jam buka mulai pukul 12.00 hingga 20.00 waktu setempat. Signifikansi budaya Blayag Mek Sambru tidak luput dari perhatian, karena ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2021.

 

Pemerintah Kabupaten Karangasem mengakui nama legendaris tersebut dan bertujuan untuk melestarikan kuliner tradisional ini sebagai aset budaya di daerah tersebut.

 

 

 

4. Warung Mak Beng Sanur

 

Terletak di dekat hotel dan tempat persewaan sepeda motor, Warung Mak Beng dikenal sebagai salah satu tempat makan siang terbaik di Bali. Didirikan pada tahun 1949, warisan kuliner ini telah teruji oleh waktu dan menjadi destinasi kuliner legendaris di Pulau Dewata. Lokasinya di kawasan Pantai Sanur yang tersohor menjadikan Warung Mak Beng sebagai favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Tak banyak menu yang bisa ditemukan di sini. Nasi, ikan laut goreng, dan sop kepala ikan laut ini menjadi kunci sukses Mak Beng untuk bertahan lebih dari setengah abad. Ikan segar yang digunakan dalam masakan mereka seperti cakalang, kakap, dan makarel berasal dari nelayan lokal, hal ini memastikan rasa dan kualitas yang luar biasa.

 

Kombinasi ikan yang dimasak sempurna ditemani sambal khas dan sup kepala ikan yang beraroma menciptakan pengalaman tersendiri bagi indera perasa Anda. Tak lupa penggunaan bumbu asli Bali menambah sentuhan unik pada setiap sajiannya.

 

Dengan harga Rp 55.000 per set menu  dan belum termasuk minuman, Warung Mak Beng memberikan pengalaman bersantap yang terjangkau dan memuaskan. Buka setiap hari mulai jam 8.00 pagi hingga 10.00 malam, khazanah kuliner ini menanti mereka yang ingin memanjakan diri dengan sajian lezatnya.

 

5. Nasi Tahu Ni Sarti

 

Nasi Tahu Ni Sarti adalah legendary gem kuliner Bali selanjutnya yang bisa Sobat TRAC cicipi. Warung ini telah memikat selera masyarakat sejak tahun 1963. Berlokasi di Jalan Lettu Wayan Sutha I No. 13, Sukawati, Gianyar, Bali, kuliner yang nikmat ini telah teruji oleh waktu. Hingga saat ini mereka masih menggunakan resep yang sama dan tidak berubah, memastikan rasa otentik tetap terjaga.

 

Setiap hari, proses memasak dimulai pukul 03.30 WITA, dan masih menggunakan cara tradisional, termasuk menggunakan kayu bakar untuk memasak nasi.

 

 

 

Satu porsi Nasi Tahu Ni Sarti terdiri dari nasi putih harum dengan taburan bawang goreng garing, ditemani beberapa potong tahu khas Sukawati, kerupuk tahu, sayur urap, dan tiga jenis sambal yaitu sambal matah, sambal singkong, dan sambal tomat yang tentunya menambah cita rasa masakan.

 

Nasi Tahu Ni Sarti beroperasi dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang waktu setempat. Warung ini menawarkan hidangan lezatnya dengan harga terjangkau, Rp 15.000 per porsi. Setiap harinya diperkirakan terjual 50 porsi bahkan melebihi 100 porsi di waktu-waktu tertentu. Nasi Tahu telah menjadi favorit baik di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan, memikat selera para pengunjung dari seluruh Indonesia dan seluruh dunia.

 

Meskipun Bali menawarkan segudang kuliner dan atraksi yang memukau, sayangnya berkendara di tengah lalu lintas Bali saat musim liburan bisa menjadi pengalaman yang menegangkan.

 

Jangan sampai Sobat TRAC menghabiskan waktu yang berharga hanya untuk mencari jalan pintas menuju destinasi yang dituju, hal yang tentu dapat menghambat agenda liburan.

 

Demi kenyamanan, sebaiknya gunakan layanan rental mobil Bali dari TRAC agar pengalaman menjelajah kuliner legendaris Bali terasa lebih menyenangkan dan berkesan.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa melakukan registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan dalam layanan TRAC.

 

Oh ya satu lagi, untuk menghindari aksi penipuan dari pihak yang tak bertanggung jawab, pastikan untuk selalu waspada saat bertransaksi. Jangan lakukan pembayaran ke rekening tujuan atas nama pribadi. Jika ada hal-hal mencurigakan, segera konfirmasi ke pusat bantuan Customer Assistance Center - CAC (24/7): 1500.009.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp