• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Melihat Pesona Rammang-Rammang, Pegunungan Kapur Terbesar Dunia Di Sulawesi Selatan

07 Melihat Pesona Rammang-Rammang Di Makassar, Salah Satu Pegunungan Kapur Terbesar Dunia.jpg
07 Melihat Pesona Rammang-Rammang Di Makassar, Salah Satu Pegunungan Kapur Terbesar Dunia.jpg
07 Melihat Pesona Rammang-Rammang Di Makassar, Salah Satu Pegunungan Kapur Terbesar Dunia.jpg

Travel

Melihat Pesona Rammang-Rammang, Pegunungan Kapur Terbesar Dunia Di Sulawesi Selatan

14 Maret 2023

Share

Berlokasi tak jauh dari Kota Makassar yang modern, terdapat Rammang-rammang yang merupakan salah satu gugusan pegunungan kapur (karst) terbesar di dunia. Bentangan karst ini digadang menjadi kedua yang terbesar setelah pegunungan karst yang ada di Tiongkok.

 

Bayangkan Sobat TRAC berada di antara tinggi menjulangnya pegunungan kapur yang kokoh dengan dihiasi sentuhan pemandangan hijau yang asri.

 

Sungguh menabjubkan sekaligus menenangkan. Penasaran dengan keindahan Rammang-rammang? Yuk cek faktanya sebelum berkunjung ke sana.

 

Fakta dan Informasi Tentang Karst Rammang-Rammang

 

 

 

Telah diakui UNESCO

 

Rammang-rammang sendiri adalah geosite yang masuk pada Geopark Maros Pangkep, lokasi keindahan alam ini tepatnya ada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Oh iya kawasan ini juga sudah resmi menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark dan Situs Warisan Dunia (World Heritage Site)

 

Berbeda dengan Bantimurung

 

Banyak yang menyangka Rammang-rammang adalah tempat yang sama dengan Taman Kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul). Sebenarnya tak salah, namun juga tak tepat. 

 

Meski masih masuk dalam area TN Babul diperlukan sekitar hampir 1 jam perjalanan berkendara dari lokasi pegunungan kapur Rammang-rammang ke gerbang ikonik dengan ornamen kupu-kupu yang ada di TN Babul.

 

Tak hanya di Bantimurung, di kawasan Rammang-rammang pun Sobat TRAC juga bisa menemukan beberapa spesies kupu-kupu cantik yang beterbangan kesana-kemari

 

 

 

Singgah di Desa Wisata Rammang-rammang 

 

Kampung Berua adalah salah salah satu ikon daya tarik alam yang ada di Rammang-rammang. Bayangkan, kampung ini “dikepung” oleh pegunungan kapur yang menjulang. Ada pula Kampung Laku dan Kampung Massaloeng yang dikenal dengan wisata budayanya. 

 

Jangan lupa untuk menjelajah gua dan perbukitan yang ada di sana, sebaiknya Anda menggunakan jasa pemandu saat menjelajah.

 

Sobat TRAC juga dapat menginap di desa wisata ini lho! Homestay ecolodge adalah salah satu penginapan yang sering direkomendasikan bagi Sobat TRAC yang ingin bermalam di kawasan ini.

 

Menyusuri sungai dengan perahu

 

Kegiatan ikonik lainnya adalah menyusuri sungai dengan perahu kecil yang disebut Perahu Jolloro. Namun, Sobat TRAC perlu merogoh kocek sedikit dalam untuk merasakan pengalaman mengesankan ini.

 

 

 

Dengan tarif sebesar Rp 300 ribu, Sobat TRAC akan menikmati pengalaman yang pastinya sulit terlupakan. Tenang saja biaya sewa perahu akan terasa ringan jika Sobat TRAC berkelana dengan banyak teman.

 

Rammang-rammang punya banyak gua cantik

 

Jika mampir ke Kampung Berua, jangan lewatkan Gua Berlian dan Gua Kunang-kunang yang ditumbuhi stalaktit dan stalakmit yang terbentuk sejak jutaan tahun lampau.

 

Sesuai namanya, batuan yang ada di dalam dua gua ini akan terlihat sepertii berlian dan hewan kunang-kunang saat disorot cahaya. Ada pula puluhan gua lainnya yang bisa dikunjungi.

 

Rammang-rammang bisa dijangkau dengan 1 jam perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin (UPG) di Maros yang menjadi pintu gerbang Sulawesi Selatan. Sedangkan jika dari Kota Makassar, diperlukan waktu sekitar 90 menit hingga 2 jam perjalanan. 

 

 

 

Karena letaknya cukup dekat dengan kota Makassar maka tak ada salahnya memasukan Rammang-rammang sebagai salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi saat Sobat TRAC bertandang ke Makassar. Sobat TRAC bisa mengunjunginya di sela perjalanan bisnis maupun saat liburan bersama keluarga maupun orang-orang tersayang.

 

Mengunjungi Gunung Karst Rammang-Rammang Dengan Rental Mobil

 

Gunakan layanan rental mobil Makassar dari TRAC saat akan berkunjung ke sana. Sobat TRAC bisa memilih armada yang digunakan baik MPV yang bisa memuat banyak orang maupun SUV yang lapang namun tetap nyaman di jalan berlubang.

 

TRAC merupakan penyedia layanan rental mobil dan sewa bus dengan jaringannya yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air.

 

Telah berkiprah selama lebih dari 30 tahun, TRAC selalu dapat diandalkan di berbagai keperluan. Pelayanannya pun tak perlu diragukan lagi karena TRAC selalu mengedepankan pelayanan prima dan defensive driving yang akan membuat perjalanan Sobat TRAC jadi lebih nyaman dan aman.

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya. 

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!


 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp