• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Mengenal 5 Kota Ngapak di Indonesia, Yang Kaya Dengan Sajian Kulinernya

15 Mengenal 5 Kota Ngapak di Indonesia, Yang Kaya Dengan Sajian Kulinernya.jpg
15 Mengenal 5 Kota Ngapak di Indonesia, Yang Kaya Dengan Sajian Kulinernya.jpg
15 Mengenal 5 Kota Ngapak di Indonesia, Yang Kaya Dengan Sajian Kulinernya.jpg

Travel

Mengenal 5 Kota Ngapak di Indonesia, Yang Kaya Dengan Sajian Kulinernya

30 Januari 2023

Share

Belakangan ini sudah bukan rahasia umum lagi kalau bahasa “ngapak” kian dikenal masyarakat Indonesia. Bahasa “ngapak” sendiri secara harfiah merupakan bahasa jawa, namun terdapat sedikit perbedaan dalam mengucapkannya.

 

Berbeda dengan sebagian besar wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menggunakan dialek dengan akhiran "o". Dialek “ngapak” justru menggunakan akhiran "a", dan saat mengucapkan huruf "k", pengucapannya akan lebih tebal dan jelas.

 

Lantas, daerah mana saja yang menggunakan dialek tersebut? Lalu bagaimanakah wisata kulinernya? Berikut 5 kota ngapak di Indonesia dengan sajian kulinernya untuk mengisi liburan di awal tahun ini.

 

 

 

Cilacap dengan Brekecek Pathak Jahan

 

Cilacap merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan wisata alam berupa pantai yang indah. Bukan cuma itu, wisata kulinernya pun sayang untuk dilewatkan.

 

Salah satu hidangan khas Cilacap yang wajib Sobat TRAC cicipi adalah Brekecek Pathak Jahan. Yang merupakan olahan ikan jahan yang dimasak dengan aneka bumbu. Seperti cabai merah, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, daun salam, gula merah, serai, serta kemiri.

 

Jangan lupa menambahkan daun kemangi dan perasan jeruk agar bau amis dari pathak jahannya berkurang. Hidangan ini tentu saja makin nikmat jika disantap dengan sepiring nasi hangat, sambil menikmati keindahan di tepi pantai dengan riuh ombak.

 

 

 

Banyumas dengan Sate Bebek

 

Sobat TRAC pecinta olahan daging bebek wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Biasanya, di Jakarta atau kota besar lainnya, olahan daging bebek disajikan dengan sambal khas “Madura”, atau di goreng kering ditemani sambal bawang.

 

Namun lain halnya di Banyumas. Daging bebek disini diolah menjadi sate, sajian yang lebih populer dengan daging ayam atau kambing. Perpaduan bumbu sate yang manis dengan potongan daging bebek yang empuk, dijamin akan bikin Sobat TRAC ketagihan untuk datang lagi ke kota ini.

 

Cukup merogoh kocek Rp 25 ribu, Sobat TRAC sudah bisa mencicipi kelezatan kuliner khas Banyumas ini. Seporsi berisikan 10 tusuk sate bebek, nasi, serta gulai bebek. Harga yang tentu sangat ramah di kantong untuk sajian seperti ini.

 

 

 

Untuk sambalnya, tersedia dua jenis sambal yang bisa Sobat TRAC coba, yakni sambal kacang dan sambal kecap. Sebagai rekomendasi, sebaiknya pilih sambal kacang karena memang lebih populer di kalangan penikmat sate bebek.

 

Purwokerto dengan Getuk Goreng Sokaraja

 

Ibukota kabupaten Banyumas ini dikenal dengan berbagai wisata alamnya seperti Baturaden, Bukit Batu Meja, Pancuran Pitu, hingga Kebun Bunga Matahari. Namun, ada satu lagi yang cukup terkenal di kota ini. Ya, Getuk Goreng Sokaraja. Sobat TRAC patut untuk mencobanya.

 

Olahan berbahan dasar singkong ini memiliki citarasa manis dan gurih di lidah. Proses pembuatan Getuk Goreng Sokaraja sama seperti pembuatan getuk pada umumnya.

 

Setelah dikupas dan dicuci bersih, singkong direbus. Setelah matang, masuk proses penumbukan dengan menambahkan gula merah pilihan untuk menghasilkan getuk dengan kualitas terbaik.

 

 

 

Karena rasanya yang manis, hidangan ini cocok untuk dijadikan kudapan, ataupun hidangan penutup.

 

Gombong dengan Lanting

 

Jika Sobat TRAC pernah makan jajanan bertekstur renyah cenderung keras dan berbentuk angka delapan, itulah lanting. Sampai saat ini masih banyak yang belum tahu kalau lanting adalah makanan tradisional yang berasal dari Gombong, Kebumen. Selain di Gombong, lanting juga terkenal di kabupaten Banyumas dengan bentuk yang lebih tebal.

 

Terbuat dari singkong yang dihaluskan, lanting kini telah berkembang menjadi jajanan yang memiliki banyak varian rasa. Mulai dari jagung bakar, keju, pedas manis, bawang goreng, hingga rasa daging sapi. 

 

Sobat TRAC tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa mampir ke Gombong untuk memborong lanting dan bawa pulang sebagai oleh-oleh liburan ya!

 

 

 

Banjarnegara dengan Dawet Ayu

 

Hidangan satu ini mungkin sudah lebih populer karena banyak dijumpai penjualnya di pinggir-pinggir jalan sebuah daerah. Dawet Ayu merupakan minuman khas Banjarnegara dengan racikan gula aren yang berpadu dengan santan, serta olahan tepung beras kenyal yang dicampur dengan segarnya es batu.

 

Selain nikmat, Dawet Ayu juga dikenal karena legendaris. Saking legendarisnya, minuman ini disebut-sebut sebagai “Buyutnya Boba” minuman yang kini sedang trending.

 

Minuman segar satu ini sangat cocok dinikmati kala siang hari, sebagai pelepas dahaga. Apalagi bila Sobat TRAC menikmatinya langsung di pinggir sawah di Banjarnegara, dengan sepoi -sepoi angin berhembus bareng orang terkasih. Aaaaahh pasti akan jadi pengalaman yang sulit dilupakan.

 

 

 

Nah, itulah 5 kota ngapak beserta wisata kulinernya yang wajib dicicipi. Sebenarnya masih ada 1 lagi kuliner khas kota ngapak, yaitu Tempe mendoan. Namun hingga kini masih belum ada informasi jelas mengenai asal muasal makanan olahan kacang kedelai tersebut.

 

Jika tertarik untuk mengunjungi 5 kota ngapak dan mencicipi wisata kulinernya tersebut, Sobat TRAC bisa menggunakan kendaraan pribadi yang berjarak 8 sampai 10 jam dari kota Jakarta.

 

Namun, ada pilihan terbaik untuk menuju kota ngapak. Dengan menggunakan kereta api, atau pesawat dan transit di kota Yogyakarta. Dari Yogyakarta, Sobat TRAC bisa menggunakan jasa rental mobil dari TRAC untuk menjelajahi kota-kota ngapak di Jawa Tengah tersebut.

 

 

 

TRAC menyediakan layanan rental mobil Yogyakarta dengan pilihan lepas kunci maupun dengan pengemudi. Pilihan armadanya pun banyak sekali lho! Sobat TRAC bisa memilih kendaraan berjenis MVP 2 seaters lapang maupun SUV yang tangguh. Bahkan TRAC juga menyediakan layanan sewa bus Yogyakarta dan beberapa kota lainnya.

 

Rasakan segala kemudahan rental mobil dengan TRAC mulai dari pemesanan dan dukungan layanan yang tersebar di Indonesia. TRAC juga menghadirkan kemudahan dalam reservasi layanan rental mobil harian di Yogyakarta dan kota-kota lainnya.

 

Cukup download aplikasi TRACtoGo di  Google Play Store maupun Apple App Store untuk melakukan pemesanan bagi setiap layanan TRAC.

 

Jangan lupa untuk follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi terkini terkait destinasi liburan, tips & trick perjalanan serta informasi layanan dan penawaran menarik dari TRAC.

 

Kemana pun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp