Pesona 5 Kota Dengan Nuansa Natal yang Kental
Pesona 5 Kota Dengan Nuansa Natal yang Kental
Pesona 5 Kota Dengan Nuansa Natal yang Kental

Travel

Pesona 5 Kota Dengan Nuansa Natal yang Kental

18 Desember 2023

Share

Libur Natal jadi salah satu momen yang dinantikan, nggak cuma bagi yang merayakannya tapi juga karena biasanya disertai dengan cuti bersama nasional. Nggak cuma itu aja sob, libur Natal juga menjadi awal dari cuti panjang akhir tahun. 

 

Menyambut perayaan Natal, beberapa kota terutama dengan populasi umat nasrani yang cukup besar akan berhias mempercantik diri ornamen Natal, seperti lampu kerlap-kerlip dan replika pohon cemara.

 

Berikut ini 5 kota dengan nuansa natal yang kental, yang cocok buat jadi destinasi liburan saat libur panjang Natal dan Tahun baru.

 

Medan dan kota-kota di Sumatera Utara

 

Digadang sebagai salah satu provinsi dengan umat nasrani terbesar di Indonesia, Sumatera Utara tentu cocok jadi destinasi pilihan utama mengisi libur Natal dan tahun baru.

 

 

 

Sobat TRAC bisa memulai perjalanan di Kota Medan, ibu kota Sumatera Utara dan merasakan bagaimana berbagai budaya bercampur di sana.

 

Destinasi yang nggak boleh dilewatkan adalah Graha Maria Annai Velangkanni. Dengan bangunan bergaya India-Mughal bertingkat tujuh, Gereja Katolik ini menarik untuk dikunjungi terutama saat mendekati perayaan Natal.

 

Kalau sobat TRAC punya waktu libur yang panjang, sempatkan juga untuk mengeksplorasi kota-kota lainnya, seperti Tarutung dengan Monumen Misionaris Nomensen atau Salib Kasih.

 

Sobat TRAC juga bisa ke Pulau Nias dan rasakan akulturasi budaya lokal berpadu dengan nuansa natal yang kental.

 

Jakarta

 

Menjelang perayaannya, nuansa Natal yang kental juga akan terasa di Jakarta. Banyak mall dan pusat perbelanjaan yang memasang pohon-pohon natal raksasa dengan aneka ornamennya. Bahkan nggak sedikit juga yang menghadirkan “santa claus” dan membagikan hadiah kecil ke para pengunjung. 

 

Untuk destinasi wisata religi, Gereja Katedral Jakarta dan GPIB Immanuel Jakarta tentu nggak boleh dilewatkan, sob. Keduanya punya arsitektur yang unik.

 

Bangunan Katedral bergaya Neo-Gothic dan GPIB Immanuel dengan kubah yang mengingatkan pada Gereja Blenduk di Semarang. Ada pula Gereja Santa Maria de Fatima yang unik dengan arsitektur khas pecinan.

 

 

 

Yogyakarta

 

Yogyakarta memang selalu jadi kota tujuan wisata. Untuk libur natal ini, beberapa destinasi yang bisa disambangi salah satunya Gereja Ganjuran di Kabupaten Bantul.

 

Sobat TRAC akan terpesona dengan nuansa jawa yang kuat bahkan ada beberapa bangunan yang menyerupai candi. Destinasi wisata religi lainnya adalah Gua Maria Sendangsono yang sering dilabeli sebagai Lourdes-nya Indonesia.

 

Sedikit berkendara ke arah Candi Borobudur di Magelang, Sobat TRAC bisa juga mampir ke Rumah Doa Bukit Rhema atau yang dikenal juga dengan Gereja Ayam.

 

Tempat ini merupakan rumah doa lintas agama dengan bangunan berbentuk merpati yang unik dan punya panorama indah. Jangan lupa juga singgah juga ke Kota M alias Muntilan untuk sekadar berwisata kuliner ke Toko Nyonya Pang yang legendaris.

 

Manado

 

Beranjak ke sisi timur Indonesia, Kota Manado tentu nggak boleh terlupakan masuk dalam daftar. Kota Manado dan Tomohon di Sulawesi Utara merupakan kawasan yang selalu masuk dalam peringkat teratas kota-kota paling toleran di Indonesia.

 

Selain Taman laut Bunaken, yang ikonik dari Kota Manado adalah Monumen Yesus Memberkati yang berada di perumahan Citraland. Monumen ini memiliki tinggi total 50 meter.

 

 

 

Manado juga memiliki ragam kuliner non-halal yang cukup beragam. Jika Sumatera Utara dikenal dengan Babi Panggang Karo maka Manado punya Ragey yang tak kalah nikmat.

 

Olahan seperti sate dengan potongan daging babi minim bumbu yang dibakar disajikan dengan aneka sambal khas Manado, biasanya dengan dabu-dabu iris.

 

Tana Toraja

 

Dikenal dengan wisata budayanya dan rumah adat yang unik, Tana Toraja juga memiliki destinasi wisata religi bagi umat nasrani.

 

Berlatar belakang Gunung Buntu Burake, Patung Tuhan Yesus Memberkati di Tana Toraja ini nggak kalah indah dengan Patung Kristus di Rio de Janeiro, Brasil.

 

Patung ini memiliki tinggi total mencapai 45 meter, dengan bangunan bawah setinggi 23 meter dan patungnya sendiri 22 meter. 

 

Jika sobat TRAC datang ke Tana Toraja di perayaan Natal, jangan melewatkan tradisi Ma'Lettoan atau Lettoan. Ritual adat masyarakat Toraja dilakukan pada saat syukuran atau perayaan hari besar termasuk Natal.

 

 

 

Dilansir dari berbagai sumber, 'Lettoan' merujuk pada kotak berisi babi yang biasanya dihias menyerupai miniatur rumah adat Toraja. Lettoan nantinya akan ditandu dan diarak hingga ke lokasi perayaan.

 

Indonesia memang nggak pernah kehabisan destinasi wisata ya, sob. Baik wisata alam, budaya hingga religi. Sebagai negara yang multikultur, keberagaman yang ada di Indonesia tentu harus dirawat untuk dapat dinikmati di masa mendatang. 

 

Jelajahi berbagai pesona di Indonesia dengan layanan rental mobil dan sewa bus pariwisata dari TRAC. Dengan pengalaman lebih dari 37 tahun, TRAC hadir menjadi solusi untuk setiap kebutuhan transportasi yang aman serta nyaman. 

 

Pesan sekarang lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Playstore maupun Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp