Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya
Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya
Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya

Travel

Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya

13 Maret 2024

Share

Baru diresmikan setahun lalu, Masjid Raya Sheikh Zayed telah menjelma jadi salah satu ikon wisata di Solo. Bersama dengan Keraton Surakarta dan Pasar Klewer yang legendaris, masjid megah ini akan menambah warna-warni perjalanan sobat TRAC kala melancong di Kota Budaya ini. 

 

Diresmikan dengan nama Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, masjid ini bisa masuk dalam itinerary perjalanan saat berkunjung ke Kota Solo maupun Yogyakarta.

 

Apalagi di Bulan Ramadan seperti sekarang, Masjid Raya Sheikh Zayed jadi salah satu destinasi favorit untuk wisata religi lho, sob. Wisatawan bisa mampir untuk menunaikan ibadah sekaligus menikmati kemegahannya. 

 

TRAC akan mengajak sobat selangkah lebih dekat mengenal Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Temukan kisah di balik pembangunannya dana fakta-fakta unik tentang masjid ini.

 

 

 

4 Hal Tentang Masjid Sheikh Zayed Solo

 

Lokasi dan Waktu Kunjungan

 

Masjid Sheikh Zayed Solo berdiri di atas lahan yang dulunya digunakan sebagai Depo Pertamina Gilingan. Nggak sulit mencari lokasi masjid ini sob. Selain telah menjadi ikon baru kota Solo, titik lokasinya juga mudah ditemukan di peta digital seperti google maps.

 

09_Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya (2) Medium.png

 

Masjid Sheikh Zayed Solo berada di Jalan Ahmad Yani No. 128 Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Posisinya persis di sisi jalan utama, jadi pasti mudah banget aksesnya.

 

Lokasinya juga terbilang berada di sekitar episentrum wisata Solo. Sobat TRAC hanya perlu 10 menit berkendara ke titik-titik wisata Kota Solo seperti Pasar Klewer, Pasar Gede serta Keraton Surakarta dan Keraton Mangkunegaran dengan taman Pracima yang populer.

 

Di hari-hari biasa, Masjid Sheikh Zayed Solo dibuka untuk umum mulai dari 3 pagi menjelang Subuh hingga setelah pelaksanaan Sholat Isya pukul 9 malam. Namun, khusus di Bulan Ramadan, masjid ini bisa dikunjungi selama 24 jam.

 

Sejarah Pembangunan Masjid

 

Masjid Sheikh Zayed Solo merupakan lambang kedekatan Uni Emirates Arab (UEA)dengan Indonesia. Nggak cuma sebagai simbol, masjid bergaya timur tengah ini juga merupakan hibah yang diberikan langsung  Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan buat Indonesia.

 

 

 

Dilihat dari bentuk bangunannya, Masjid Sheikh Zayed Solo sengaja dibuat semirip mungkin dengan Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi, UEA. Bedanya hanya pada ukurannya yang lebih kecil.

 

Meski merupakan replika Masjid di UAE yang khas bergaya timur tengah, nyatanya Masjid Sheikh Zayed Solo ini juga punya sentuhan budaya lokal lho. Sobat TRAC bisa memperhatikan di beberapa bagian lantai yang terlihat memiliki motif batik kawung. 

 

09_Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya (3) Medium.png

 

Sebagai salah satu wujud persahabatan dua negara, peresmian masjid ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) pada 14 November 2022 silam.

 

FasilitasMasjid Sheikh Zayed Solo

 

Berdiri di atas lahan seluas 3 hektare, Masjid Sheikh Zayed Solo memiliki luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi. Masjid ini dilengkapi dengan empat menara dan berhiaskan satu kubah utama dan 81 kubah kecil dengan hiasan batu alam. 

 

Masjid ini disinyalir mampu menampung hingga 10.000 jemaah dengan perkiraan total 4.000 diantaranya berada pada bangunan utama. Nggak cuma itu sob, Masjid yang terdiri dari dua lantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti CCTV serta akses yang ramah bagi difabel dan lansia. 

 

09_Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya (4) Medium.png

 

Disini, sobat TRAC akan dengan mudah menemukan tempat wudhu yang bersih dan terawat baik bagi pria maupun wanita. Terdapat juga ruang pengelola, perpustakaan, ruang VIP yang bisa mengakomodasi kunjungan orang-orang penting serta basement dan taman.

 

Karena telah diproyeksikan sebagai salah satu destinasi wisata religi, maka telah disiapkan pula lahan parkir yang mampu menampung hingga lebih dari 20 bus.

 

 

 

Ingin berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed Solo? Simak aturannya

 

Masjid Sheikh Zayed Solo terbuka untuk siapapun yang mau berkunjung, nggak cuma umat Islam yang akan beribadah tapi juga penganut agama lain yang mau mengagumi kemegahan arsitekturnya dengan beberapa aturan yang mesti dipatuhi.

 

Karena merupakan tempat ibadah maka dianjurkan memakai pakaian yang sopan dan menutup aurat. Aturan ini juga berlaku untuk pengunjung beragama lain. Pengunjung wanita yang nggak berjilbab  diwajibkan memakai tudung/kerudung penutup kepala.

 

Membersihkan kaki dan memastikan kaki sudah kering sebelum masuk area masjid. Pengunjung juga dilarang membuka jendela karena suhu di dalam ruangan sudah diatur.

 

Terdapat juga aturan umum lain seperti larangan mencorat-coret area masjid, larangan merokok, makan, minum dan tidur di area masjid, serta dilarang berisik dan membuat kegaduhan yang bisa mengganggu kegiatan ibadah.

 

Agar area sekitar masjid bisa teratur, pengunjung tidak diperkenankan membawa tikar dan dilarang bermain di kolam yang berada di lokasi Masjid. Untuk menjaga keasrian di sekitar masjid, pengunjung juga tidak diperkenankan menginjak tanaman dan rumput yang ada di area Masjid.

 

 

 

Nikmati Ramadan di Kota Solo dengan Rental Mobil TRAC

 

Rasakan sendiri indahnya keharmonisan saat syahdunya budaya lokal berbaur dengan gegap gempita bulan Ramadan di Kota Solo. Susuri jalanan kota dan mampirlah ke destinasi-destinasi andalan Solo bersama layanan rental mobil dari TRAC

 

Lokasi Solo yang nggak jauh dari Yogyakarta juga membuat kota ini bisa menjadi alternatif destinasi saat sobat berlibur ke Kota Gudeg. Sobat bisa menggunakan rental mobil Yogyakarta dan menjelajahi Kota Solo dalam sehari penuh.

 

Agar perjalanan semakin aman dan menyenangkan, pilihlah rental mobil yang andal dan memiliki rekam jejak yang baik. Pertimbangkan juga untuk memilih rental mobil yang menawarkan kemudahan reservasi sekaligus menjamin keamanan transaksi mu. 

 

Pesan rental mobil Yogyakarta dan kota-kota lainnya melalui halaman reservasi di website TRAC dan aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore atau Appstore dan nikmati berbagai kemudahan layanan TRAC.

 

Di aplikasi TRACtoGo, sobat bisa mengatur sendiri durasi sewa, tanggal dan lokasi penggunaan hingga memantau langsung ketersediaan armada yang diinginkan. 

 

[BANNER THUMBNAIL] TRAC X ASTRAPAY.jpg

 

Untuk keamanan dan kemudahan transaksi, sobat TRAC bisa melakukan pembayaran dengan mudah langsung dari aplikasi TRACtoGo. Dengan metode pembayaran mulai dari kartu kredit, virtual account hingga dompet digital.

 

Informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp