07 Ragam Kuliner Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Makassar.jpg
07 Ragam Kuliner Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Makassar.jpg
07 Ragam Kuliner Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Makassar.jpg

Travel

Ragam Kuliner Yang Wajib Dicicipi Saat Berkunjung Ke Makassar

18 Januari 2023

Share

Kuliner Makassar tak sebatas Coto dan Konro lho Sobat TRAC. Jika berkesempatan mengunjungi ibu kota Sulawesi Selatan tersebut, sebaiknya luangkan waktu untuk menggali kekayaan wisata kuliner disana dengan layanan rental mobil Makassar dari TRAC, ya. Sebab Makassar terkenal dengan ragam kuliner yang rasanya tak akan habis dicicipi dalam sehari.

 

Sebagai salah satu hub bagi kawasan timur Indonesia, Makassar mendapat pengaruh dari banyak daerah yang menciptakan segudang ragam kuliner. Berikut ini pilihan kuliner yang patut dicoba saat Sobat TRAC berkunjung ke kota Angin Mamiri.

 

Rekomendasi Sajian Kuliner Khas Makassar

 

 

 

Serupa Tapi Tak Sama, Coto Makassar dan Pallubasa

 

Sekilas dua makanan berkuah yang penuh rempah ini terlihat serupa, namun jika ditilik lagi akan terlihat perbedaannya. Kuah Pallubasa terlihat lebih pekat karena menggunakan campuran kunyit dan taburan kelapa parut menyerupai serundeng. Selain itu, Pallubasa juga kerap disajikan dengan kuning telur ayam setengah matang. 

 

Isinya pun sangat mirip, kedua hidangan ini merupakan olahan daging sapi dan jeroan. Pada semangkuk Coto Makassar ‘lengkap’ biasanya Sobat TRAC akan menemukan potongan daging padat beserta jeroan seperti paru, ati dan usus.

 

Sedangkan Pallubasa menggunakan bagian daging yang “lebih murah” dengan lemak, otot dan tetelan yang menempel. Sehingga teksturnya lebih kenyal, tidak seempuk irisan daging pada Coto.

 

 

 

Sop Konro dan Konro Bakar, Ikon Kuliner makassar

 

Tanpa embel-embel kata Makassar pun, setiap orang yang mendengar makanan ini, tentu akan langsung mengaitkannya dengan kota tersebut. Sop Konro telah menjadi ikon kuliner Makassar sejak puluhan hingga ratusan tahun yang lampau.

 

Selain erat kaitannya dengan Kota Makassar, kata “konro” juga identik dengan iga sapi. Padahal menurut banyak sumber, konro secara harfiah dimaknai sebagai sapi. Tidak spesifik merujuk pada salah satu bagian dari hewan tersebut saja.

 

Sop Konro merupakan olahan sapi berkuah bening yang punya citarasa khas karena sentuhan ketumbar, kluwak dan rempah-rempah lainnya. Tidak hanya irisan daging, pada semangkuk sop konro Sobat TRAC juga akan disajikan potongan-potongan tulang sapi sebagai isiannya.

 

 

 

Sedangkan konro bakar merupakan variasi dari olahan konro yang menyajikan iga bakar yang sebelumnya direbus bersama kuah Sop Konro. Tambahkan bumbu kacang khas Makassar supaya rasanya lebih nikmat.

 

Ikan Bakar Parape dan Palumara

 

Sebagai daerah pesisir, tentu Makassar juga memiliki olahan hasil laut. Sobat TRAC tak boleh melewati kenikmatan makan ikan bakar parape dan palumara, yang cukup terkenal disana.

 

Parape merupakan bumbu khas makassar yang terdiri dari asam jawa dan gula dengan tambahan bawang merah, bawang putih serta cabai. Aneka bumbu ini digunakan untuk melumuri ikan yang siap dibakar, agar rasanya semakin meresap.

 

Sedangkan Palumara merupakan olahan pindang kuning khas Makassar. Hampir semua ikan laut bisa digunakan untuk dua sajian ini.

 

 

 

Nasi Goreng Merah

 

Makassar merupakan kota bandar sejak zaman kerajaan. Maka tak heran jika Makassar mampu menjadi melting pot bagi berbagai budaya termasuk budaya kuliner.

 

Perpaduan budaya kerap terlihat dalam masakan-masakan bergaya Asia. Salah satunya nasi goreng merah yang jadi menu favorit warga Makassar. Sobat TRAC wajib mencicipi sajian ini.

 

Nasi goreng merah merona ini sebenarnya hampir sama dengan nasi goreng pada umumnya. Namun tidak menggunakan kecap melainkan saos tomat. Untuk versi non halal, biasanya Nasi Goreng Merah dilengkapi dengan potongan lapchiong alias sosis babi manis.

 

Mie Titi dan Mie Ujung Pandang 

 

Jika Mie Bangka memiliki tekstur mie yang ramping maka Mie Pangsit Ujung Pandang kebalikannya. Biasanya mie ini menggunakan mie besar menyerupai mie karet dengan topping irisan daging babi dan babi tore yang garing.

 

Namun, kini banyak juga penjual yang menawarkan versi halal yang hanya menyediakan topping daging ayam, mirip dengan mie ayam pada umumnya.

 

 

 

Sajian mie lain yang patut di coba adalah Mie Titi. Mie kering yang disiram kuah kental yang serupa dengan penyajian ifumie. Bedanya, Mie Titi menggunakan mie lidi yang sedikit keriting namun tidak rapat menjadi satu seperti mie yang kerap digunakan sebagai ifumie.

 

Aneka Kudapan Khas Makassar

 

Kenyang menyantap hidangan utama, jangan lewatkan aneka kudapan yang ada. Jalangkote merupakan pastel berkulit tipis yang dihidangkan bersama sambal cuka. Isiannya cukup bermacam, tergantung dari masing-masing daerah.

 

Kudapan lain yang tak kalah nikmat berikutnya Pisang Epe. Olahan pisang bakar yang di tekan  ini, disajikan dengan saus gula merah maupun topping keju dan coklat yang lebih kekinian. Dijamin yummyy!

 

 

 

Sebagai penutup, kurang lengkap rasanya bila ke Makassar tanpa menyantap es pisang ijo atau pallu butung orang Makassar menyebutnya. Merupakan sajian manis dengan campuran bubur sum-sum, serutan es serta sirup merah yang diaduk jadi satu.

 

Selain dikenal sebagai makanan penutup, pallu butung juga cocok dijadikan sajian pembuka, terutama saat bulan puasa. Sensasi kesegarannya dijamin manjur jadi obat pelepas dahaga.

 

Jelajahi Keragaman Kuliner Makassar Dengan Rental Mobil 

 

Setelah membahas ragam kuliner Makassar, Sobat TRAC tentu sudah tidak sabar untuk menyantap Sop Konro Bawakaraeng yang legendaris, maupun Pallubasa di jalan Serigala yang terkenal.

 

Meski sudah buka cabang di beberapa area di jakarta, namun kurang afdol jika tidak mencicipinya langsung di kota asalnya. Sekalian melipir ke beberapa destinasi wisata di sana.

 

 

 

Untuk menjelajahi keragaman kuliner Makassar, sebaiknya gunakan layanan rental mobil agar perjalanan semakin nyaman dan aman. Sobat TRAC bisa manfaatkan layanan rental mobil Makassar baik untuk rental mobil lepas kunci maupun dengan pengemudi.

 

TRAC akan senantiasa melayani berbagai kebutuhan mobilitas Sobat TRAC selama berada di kota Makassar untuk menjelajahi kenikmatan akan citarasa kulinernya.

 

Tak hanya di Makassar, TRAC juga bisa diandalkan saat harus melakukan perjalanan luar kota. Pilihan kendaraan yang beragam dan terawat, serta pengemudi handal dan berpengalaman, rasanya cukup jadi alasan untuk menemani perjalanan Sobat TRAC ke berbagai penjuru kota di Indonesia. 

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Dan dapatkan berbagai promo menarik di dalamnya.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp