01 Ragam Wisata Kota Makassar, Dari Kuliner Hingga Pulau Yang Menawan-min.jpg
01 Ragam Wisata Kota Makassar, Dari Kuliner Hingga Pulau Yang Menawan-min.jpg
01 Ragam Wisata Kota Makassar, Dari Kuliner Hingga Pulau Yang Menawan-min.jpg

Travel

Ragam Wisata Kota Makassar, Dari Kuliner Hingga Pulau Yang Menawan

11 November 2022

Share

Makassar tak sekadar ibukota Sulawesi Selatan, kisahnya telah dimulai sejak ratusan tahun lalu. Tak ayal kota ini bertransformasi dalam berbagai bentuk, sebagai kota dagang, kota bisnis, kota penghubung sekaligus juga kota wisata. Dengan berbagai potensinya, berwisata di Kota Makassar seolah tak akan ada habisnya. Anda bisa mengisi perut hingga kenyang dengan berkeliling untuk berwisata kuliner, menambah pengetahuan dengan wisata sejarah dan banyak hal lainnya.

 

Bisa dibilang, Kota Makassar adalah wisata paket lengkap yang bisa Anda temukan di Indonesia bagian timur. Yuk kenali ragam wisata di Kota Makassar!


 

 

Mengenal Ragam Wisata Kota Makassar

 

Sedapnya Wisata Kuliner di Kota Makassar

Makassar bisa dibilang surga bagi para penikmat olahan daging sapi. Sebut saja Konro, Coto Makassar dan Pallubasa yang menjadi ikon kuliner kota yang dahulu dikenal sebagai Ujung Pandang. Sebagai daerah pesisir, Makassar juga menawarkan berbagai sajian boga bahari yang menggoda.

 

Konro secara harfiah adalah iga. Untuk menikmati iga sapi ini, Anda dapat memilih versi goreng, sop bahkan konro bakar yang tersohor. Rekomendasi tempat untuk menyantap makanan ini adalah Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi serta Sup Konro Bawakaraeng. 

 

Kuliner lain yang tak boleh terlewat adalah Pallubasa Serigala. Tenang, tak ada olahan serigala dalam makanan berkuah ini, hanya saja letaknya berada di Jalan Serigala, Kota Makassar. Seporsi pallubasa berisikan potongan daging dan jeroan sapi maupun kerbau dengan kuah kaya rempah, serundeng kelapa dan jangan lupa sebutir kuning telur. Nyam!


 

 

Lebih Dekat Dengan Makassar Lewat Wisata Sejarah

Dikenal sebagai salah satu bandar terbesar di kawasan Indonesia Timur sejak berabad lalu, Makassar memiliki banyak jejak sejarah. Kota ini digadang telah ada sejak 9 November 1607, tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Jadi Kota Makassar.

 

Bertandang ke Makassar tentu tak lengkap tanpa menjejakan kaki di Benteng Fort Rotterdam dan Museum La Galigo. Berlokasi tidak jauh dari Pantai Losari yang menjadi episentrum wisatawan, tempat ini menyimpan cerita dan jejak kejayaan Makassar di masa lalu. 

 

Jika Anda memiliki ketertarikan dengan sejarah, maka tak ada salahnya mampir juga ke Museum Kota Makassar, Kompleks Makam Pangeran Diponegoro serta Kompleks  Makam Raja-raja Tallo yang pernah berkuasa di daratan Makassar. 


 

 

Menikmati Keindahan Pesisir Kota Makassar

Sempatkan lah diri Anda untuk sejenak mampir menikmati pesisir Kota Makassar dan berfoto di penanda Pantai Losari yang terkenal. Tak hanya cantik untuk menikmati senja, di pantai ini ada juga masjid terapung yang cantik dan unik bernama Masjid Amirul Mukminin.

 

Jika memiliki waktu luang, pergi lah ke pulau Samalona. Pulau eksotis ini bisa dijangkau dengan 30 menit menaiki perahu motor dari dermaga yang berada tak jauh dari Pantai Losari. Meski terbilang pulau yang kecil namun Samalona memiliki fasilitas yang mumpuni mulai dari rumah makan, hingga penyewaan alat menyelam.


 

Berburu Oleh-oleh Khas Makassar di Somba Opu

Jika Yogyakarta punya Malioboro maka Kota Makassar punya Jalan Somba Opu sebagai sentra oleh-oleh. Anda akan dengan mudah menemukan jajaran toko cinderamata yang menjual berbagai kerajinan dan kudapan ala Sulawesi Selatan. 

 

Bermacam pilihan warna tenun sengkang dan sarung bugis cocok untuk buah tangan bagi orang tersayang maupun orang yang dihormati seperti orang tua dan atasan. Untuk kudapan, Anda bisa memilih Kacang Disko, kacang sembunyi, kue bannang-bannang, bagea hingga kopi toraja daan sirup DHT yang bisa dinikmati bersama.

 

Jika dahulu Makassar dikenal sebagai kota bandar tujuan para pedagang, sekarang pun Makassar masih menjadi hub bagi mereka yang akan berpetualang di sisi timur Indonesia. Selain itu, Makassar juga tumbuh menjadi pusat bisnis sehingga tak jarang kota ini menjadi tujuan perjalanan dinas. 

 


 

Apapun alasan Anda berkunjung ke Kota Anging Mamiri ini, Makassar tetap menyajikan destinasi-destinasi terbaiknya. Bahkan Anda tak perlu ke luar kota untuk menjangkau banyak tempat. Meski begitu, tetap diperlukan dukungan transportasi yang mumpuni untuk menemani Anda menjelajah kota ini. Jatuhkan pilihan Anda pada rental mobil makassar dari  TRAC, penyedia layanan rental mobil dan sewa bus terpercaya dengan jangkauan di seluruh Indonesia.

 

Dengan TRAC, Anda bisa memilih armada yang dibutuhkan mulai dari city car yang simple hingga SUV tangguh baik dengan pengemudi maupun “lepas kunci”. Jika ini kunjungan pertama Anda, maka sebaiknya pilih lah rental mobil lengkap dengan layanan pengemudi. Nikmati keindahan Kota Makassar tanpa perlu memikirkan rute perjalanan maupun drama mencar parkir. Tak ayal opsi ini pun cocok untuk siapapun yang ingin menjelajah kota dengan nyaman.

 

Reservasi layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC bisa dilakukan dimana saja, langsung dari ponsel Anda melalui aplikasi TRACtoGo. Kemudahan ini bisa Anda dapatkan dengan mengunduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore dan di Apple App Store sesuai dengan spesifikasi gawai Anda. Selain itu, pemesanan juga bisa dilakukan di Kantor Cabang TRAC yang berada di berbagai kota. 

 

Jika membutuhkan informasi tambahan Anda bisa menghubungi Customer Assistance Center di 1500009. Follow media sosial TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp