Rental Mobil Bali: Jelajah Desa Penglipuran, Desa Terbersih Dunia
Rental Mobil Bali: Jelajah Desa Penglipuran, Desa Terbersih Dunia
Rental Mobil Bali: Jelajah Desa Penglipuran, Desa Terbersih Dunia

Travel

Rental Mobil Bali: Jelajah Desa Penglipuran, Desa Terbersih Dunia

14 November 2023

Share

Setelah mendapat predikat sebagai salah satu “Desa Terbersih di Dunia” kini Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali kembali mendapatkan penghargaan Internasional.

 

Desa yang kental dengan nuansa adatanya ini baru saja meraih gelar "Desa Pariwisata Terbaik 2023" oleh organisasi bergengsi United Nations World Tourism Organization (UNWTO). Berkunjung ke Desa Penglipuran akan memberikan pengalaman otentik dan sarat akan nilai budaya.

 

Penghargaan ini merupakan inisiatif UNWTO yang dirancang untuk menyoroti desa-desa yang unggul dalam melestarikan nilai-nilai budaya, tradisional, dan keanekaragaman hayatinya. Sebelumnya, Desa Nglanggeran di Yogyakarta meraih pengakuan yang sama pada tahun 2021. 

 

Selami kekayaan budaya yang ada di Desa Penglipuran saat sobat TRAC bertandang ke Pulau Dewata. Disini, sobat akan mengenal lebih dalam kehidupan masyarakat Bali yang selaras dengan alam dan jauh dari kesibukan dan hirar-bingar kota besar.

 

 

 

5 Fakta tentang Desa Penglipuran

 

Desa yang Unik

 

Desa Penglipuran merupakan salah satu simbol dedikasi Indonesia dalam mempromosikan pengalaman pariwisata yang otentik. Gelar "Desa Pariwisata Terbaik 2023" dari UNWTO ini menegaskan peran penting Desa Penglipuran dalam menghidupkan kembali sektor pariwisata Bali, terutama pasca pandemi COVID-19.

 

Desa Penglipuran dengan teguh mempertahankan budaya dan tradisi dalam setiap lini kehidupan masyarakat di dalamnya. Hal ini lah yang membuatnya berbeda dengan banyak desa wisata lain.

 

Desa ini masih mempertahankan bentuk rumah tradisional Bali bahkan juga menerapkan aturan bebas dari kendaraan. Serta, berkomitmen menekankan nilai pelestarian keanekaragaman hayati, seperti perlindungan hutan bambunya.

 

Menjunjung Tinggi Nilai Budaya

 

Saat berkunjung ke Desa Penglipuran, penting untuk memahami dan menghormati nilai budaya dan tradisionalnya. Desa ini berusaha mempertahankan keaslian dan melestarikan kepercayaan Hindu Bali yang dianut.

 

Untuk itu, berpakaianlah dengan sopan saat berkunjung kesini. Penting untuk Sobat TRAC bertanya pada pemandu maupun warga lokal dan memahami aturan yang berlaku. 

 

 

 

Sering Mendapat Penghargaan 

 

Penglipuran telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di taraf internasional. Di tahun 2023 ini, Desa Penglipuran masuk dalam jajaran "Desa Pariwisata Terbaik 2023" dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

 

Penghargaan semakin mempertegas peran Penglipuran ini dalam sektor pariwisata Bali terutama dengan menawarkan pengalaman budaya yang otentik dan mendorong pariwisata berkelanjutan.

 

Desa Penglipuran secara konsisten mendapat pujian sebagai salah satu destinasi pariwisata premier dunia, terutama untuk penekanannya pada pelestarian tradisi budaya, perayaan keberagaman, dan perlindungan keanekaragaman hayati.

 

Upaya pelestarian Desa Penglipuran

 

Desa Penglipuran dikenal karena komitmennya dalam menjaga warisan budaya dan alamnya yang kaya. Diakui oleh UNWTO, desa ini jadi mercusuar pariwisata berkelanjutan, dengan tekun melindungi tradisi uniknya dari gangguan modernitas.

 

Salah satu inisiatif penting adalah perlindungan yang teguh terhadap hutan bambu di sekitar pusat desa, menunjukkan dedikasi yang tidak goyah dalam melestarikan keanekaragaman hayati.

 

 

 

Saat pariwisata berkembang, desa tetap waspada terhadap potensi dampak negatif, memastikan esensi autentik dan berarti budayanya tetap tidak terganggu untuk generasi mendatang.

 

Meresapi Budaya di Desa Penglipuran

 

Dikenal sebagai pemenang UNWTO Best Tourism Village Award 2023, Desa Penglipuran menawarkan pengalaman budaya Bali yang otentik bagi pengunjung. Konsisten melestarikan tradisi budaya, dan menjaga tradisi-tradisi masa lalu tetap utuh agar dapat menangkal dampak negatif dari kehidupan modern. 

 

Setiap jengkal tanah di sini merupakan Bali dari masa lampau di masa kini. Ketenangan yang ditawarkan, memungkinkan para tamu untuk meresapi kegiatan budaya, upacara, dan festival serta tentunya memberikan wawasan yang sungguh-sungguh tentang gaya hidup Bali.

 

Jelajah Wisata Desa Penglipuran dengan Rental Mobil Bali

 

Kesyahduan yang ditawarkan Desa Penglipuran seolah melambangkan hati dan jiwa Indonesia, menampilkan kekayaan budaya dan tradisi yang luhur serta nilai-nilai negara ini.

 

Lingkungan yang masih alami, keramahan masyarakat yang tulus, dan penduduk yang taat membuat desa ini bisa jadi destinasi ideal buat sobat TRAC yang ingin mengenal lebih dalam Indonesia. 

 

Keliling Indonesia Rental Mobil TRAC Hemat hingga 25 Persen

 

Sobat TRAC bisa menjelajahi tiap sisi destinasi di desa ini  untuk meresapi langsung kekayaan budaya Indonesia. Gunakan layanan rental mobil Bali dari TRAC untuk menemani sobat menyusuri keindahannya yang meneduhkan jiwa.

 

Lakukan pemesanan dengan mudah dan aman lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Download dan install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati layanan TRAC lainnya.

 

Follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi terkini tentang destinasi yang jadi hidden gem hingga yang sedang hits.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp