Solo Safari, Destinasi Hits di Kampung Jokowi
Solo Safari, Destinasi Hits di Kampung Jokowi
Solo Safari, Destinasi Hits di Kampung Jokowi

Travel

Solo Safari, Destinasi Hits di Kampung Jokowi

13 Oktober 2023

Share

Kota Solo atau Surakarta tampaknya akan segera kembali mendapatkan spotlight dari para wisatawan. Di tahun 2023 ini bisa dibilang makin banyak tempat wisata bermunculan di kota ini. Nggak hanya yang berlatarkan budaya dan sejarah seperti Taman Pracima, tapi ada juga Solo Safari yang jadi destinasi keluarga bertema alam dan edukasi.

 

Keberadaan Solo Safari menjadi salah satu destinasi liburan yang tak boleh terlewatkan saat menjelajah kota ini. Terlebih bagi Sobat TRAC yang mencari tempat wisata yang cocok untuk berbagai kalangan.

 

Terletak di sekitaran pusat wisata, kebun binatang ini layak masuk ke dalam daftar perjalanan sobat bersama keluarga maupun orang-orang tersayang. Yuk lebih lanjut mengenal keunikan dan pesona tempat ini.

 

5 Fakta tentang Wisata Solo Safari

 

Dulunya Bernama Taman Satwa Taru Jurug

 

Solo Safari ternyata bukan tempat yang benar-benar baru bagi warga Solo, bahkan kebun binatang ini digadang sebagai salah satu kebun binatang tertua di Indonesia lho.

 

 

 

Sebelum dilakukan revitalisasi, penataan ulang dan mengalami pergantian nama, tempat ini dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Taman Jurug atau Kebun Binatang Jurug.

 

Pengelolaan kebun binatang ini masih berada pada manajemen Perusahaan Umum Daerah Taman Satwa Taru Jurug (Perumda TSTJ) namun atas kerjasama dengan Taman Safari Indonesia.  

 

Lokasi dan rute terbaik ke Solo Safari 

 

Solo Safari berlokasi di Jalan. Ir. Sutami No.109 Kentingan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah tak jauh dari Kampus UNS. Jika Sobat TRAC berencana menjelajah kawasan Puro Mangkunegaran hingga Pasar Klewer, kebun binatang seluas 13,9 hektar ini bisa dijangkau hanya dengan berkendara kurang dari 30 menit.

 

Solo Safari juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi sobat yang berkunjung ke Yogyakarta, Semarang maupun roadtrip pulau Jawa.

 

Dari Yogyakarta dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di Solo Safari. Tapi kalau Sobat TRAC memulai perjalanan dari Semarang maka hanya diperlukan waktu kurang dari 2 jam lewat tol Semarang-Solo.

 

 

 

Harga Tiket dan Jam Operasional Solo Safari 

 

Harga tiket masuk Solo Safari cukup terjangkau dibandingkan dengan upaya revitalisasi, fasilitas, serta nilai-nilai konservasi yang ditawarkan. Saat weekday, tiket reguler Solo Safari dibanderol seharga Rp 45 ribu hingga Rp 55 ribu, serta Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu saat weekend. Tiket anak-anak berlaku untuk usia 2-6 tahun atau maksimal 120cm. 

 

Oh iya, Sobat TRAC yang mengutamakan kenyamanan ada pula tiket premium seharga Rp 65 ribu hingga Rp 100 ribu. Tiket premium ini menawarkan berbagai keuntungan dibanding tiket reguler seperti welcome drink, souvenir, akses ke area premium di Mekunde Bistro hingga layanan buggy car menuju pintu keluar. 

 

Solo Safari buka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30. Namun destinasi ini akan buka lebih pagi pada pukul 08.00 di akhir pekan. Jadi, pastikan sobat datang saat jam operasional agar bisa menikmati seluruh pengalaman yang ditawarkan.

 

Kegiatan menarik di Solo Safari

 

Solo Safari memiliki sekitar 347 satwa dari total 87 spesies satwa endemik Indonesia yang terancam punah dan dilindungi. Di sana Sobat TRAC bisa bertemu Komodo, Owa Jawa, Singa, Siamang, Binturong, Walabi dan aneka satwa lainnya. 

 

 

 

Tak hanya sekadar menyaksikan betapa mengagumkan dan gemasnya satwa di sana, pengunjung juga bisa menyambangi area Petting Zoo untuk bermain dengan satwa jinak seperti kelinci dan kura-kura darat.

 

Sobat TRAC juga bisa foto bersama hingga memberi makan dengan beberapa satwa termasuk singa! Ada juga pertunjukan aneka satwa seperti Otter Keeper's Talk, & Elephant Education Show yang jadwalnya bisa Anda cek di media sosial Solo Safari.

 

Yak tak kalah seru, pada waktu-waktu tertentu Safari Zoo memiliki program menyenangkan dan menyehatkan seperti yoga, zumba bahkan pound fit. Sobat TRAC juga bisa merasakan piknik asik di taman safari lewat program Fantastic Picnic.

 

Supaya si kecil makin happy, ada juga Safari Art yang diselenggarakan hingga akhir Oktober 2023 mendatang. Jangan lupa untuk mampir ke Makunde Resto untuk mencicipi berbagai hidangan unik ala Solo Safari.

 

Destinasi wisata sekitar Solo Safari 

 

Upaya peremajaan kebun binatang ini ternyata memang belum tuntas, rencananya pengelola masih akan melakukan pembangunan di beberapa sisi dan tentunya penambahan satwa.

 

 

 

Nah, jika hasrat berwisata belum tuntas meski telah menjelajah Solo Safari, Sobat TRAC juga bisa mampir ke beberapa destinasi yang tak jauh dari lokasi tersebut.

 

Tak sampai 30 menit berkendara dari Solo Safari, sobat akan sampai ke pusat wisata Kota Solo. Sobat TRC bisa mengunjungi Keraton Surakarta, Puro Mangkunegaran, Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan, Lokananta Blok yang kekinian dan masih banyak lagi.

 

Menyusuri Pesona kota Solo dengan Rental Mobil TRAC

 

Kota Solo memang tak besar, sebagian orang memilih untuk melakukan wisata sehari (one day trip) untuk menjelajah kota ini namun tak sedikit juga yang ingin berlama-lama menikmati pesonanya. Apapun gaya perjalanannya, jelajahi Kota Solo dengan nyaman menggunakan layanan rental mobil TRAC. 

 

Spesial HUT TRAC 37, Rental Mobil & Sewa Bus Hemat 37 Persen

 

Untuk kemudahan pemesanan, Sobat TRAC bisa lakukan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp