Kegiatan Seru Saat Liburan Idul Adha Bareng Keluarga
Kegiatan Seru Saat Liburan Idul Adha Bareng Keluarga
Kegiatan Seru Saat Liburan Idul Adha Bareng Keluarga

Tips

Kegiatan Seru Saat Liburan Idul Adha Bareng Keluarga

10 Juni 2024

Share

Ada yang spesial dari libur Idul Adha 2024 ini. Selain memang karena hari besar keagamaan, perayaan Idul Adha kali ini juga bertepatan dengan libur anak sekolah dan long weekend. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Idul Adha pada Selasa, 18 Juni 2024 sehingga bisa merayakannya lebih lama.

 

Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam yang penuh dengan makna dan kebersamaan. Berkumpul bersama keluarga dan kerabat seringkali jadi kegiatan yang dipilih untuk hari spesial ini. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan bareng keluarga saat libur Idul Adha.

 

6 Kegiatan Seru Isi Liburan Idul Adha

 

Mengikuti Rangkaian Ibadah Kurban

 

Salah satu kegiatan utama Idul Adha adalah melaksanakan ibadah kurban. Mengikuti prosesi penyembelihan hewan kurban bisa jadi momen edukatif bagi anak-anak untuk memahami makna berkurban dan berbagi.

 

 

 

Ajak seluruh anggota keluarga dalam proses ini, mulai dari pemilihan hewan kurban hingga pendistribusian daging kepada tetangga dan lingkungan sekitar.

 

Masak Bersama

 

Ikut berkreasi di dapur bersama anggota keluarga lainnya. Karena libur Idul Adha kali ini spesial, maka nggak ada salahnya juga menyajikan masakan yang spesial. Sobat bisa menyiapkan terlebih dahulu beberapa masakan pendamping sebelum mengolah daging kurban. 

 

Sobat bisa mencari berbagai resep olahan daging kambing dengan citarasa tradisional Indonesia dan memasaknya bersama anggota keluarga lain.

 

Setelah memasak, nikmati hasil masakan dengan mengadakan makan bersama. Ini bisa menjadi momen kebersamaan yang pastinya hangat dan penuh cinta.

 

Mengunjungi Keluarga dan Tetangga

 

Nggak cuma saat idul Fitri, Idul Adha juga merupakan waktu yang tepat untuk bersilaturahmi. Mengunjungi rumah keluarga dan tetangga untuk saling berbagi kebahagiaan dan hantaran masakan lezat adalah tradisi baik yang harus dipertahankan.

 

Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga hubungan erat dengan kerabat dan orang-orang terdekat.

 

 

 

Bikin AKtivitas Seru Saat Acara Keluarga

 

Kalau ada cukup waktu, sambil mengisi liburan idul Adha sobat bisa mengadakan acara keluarga seperti piknik, BBQ di halaman, atau bermain permainan tradisional. Acara seperti ini nggak cuma menyenangkan tapi juga bisa mempererat ikatan keluarga. 

 

Sobat juga bisa membuat lomba kecil-kecilan seperti lomba ucapan Idul Adha atau lomba cerdas cermat terkait peristiwa Idul Adha. Dijamin, nggak cuma seru tapi juga mengasah kreativitas dan pengetahuan. Jangan lupa untuk dokumentasikan momen-momen indah ini agar bisa dikenang di masa mendatang.

 

Berbagi Dengan yang Membutuhkan

 

Selain berbagi dengan keluarga dan tetangga, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian daging kurban untuk orang-orang yang lebih membutuhkan. Sobat juga bisa mendistribusikan masakan yang telah dibuat dengan segenap cinta saat masak bersama orang-orang tersayang.

 

Karena masih ada cuti bersama idul Adha, nggak perlu terburu-buru, sob. Kamu bisa mengolah daging kurban keesokan harinya dan mengantarkannya ke panti asuhan, hingga panti jompo. Ajak anak-anak untuk ikut agar mereka tentang pentingnya berbagi dan peduli pada sesama.

 

Mengunjungi Tempat Wisata

 

Liburan Idul Adha juga bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat wisata. Pilihlah destinasi yang edukatif dan menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Misalnya, mengunjungi kebun binatang, taman bermain, atau museum.

 

 

 

Sobat juga bisa menyambangi kota-kota terdekat dan ikut dalam keseruan tradisi unik menyambut dan merayakan idul adha yang ada di sana.

 

Rayakan Kebaikan Idul Adha bersama TRAC

 

Liburan Idul Adha merupakan waktu yang tepat untuk mempererat ikatan keluarga dan menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak-anak.

 

Dengan melakukan berbagai kegiatan seru dan bermakna, momen liburan ini akan jadi kenangan indah yang tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga. 

 

Jadikan liburan Idul Adha makin spesial bersama rental mobil atau sewa bus pariwisata dari TRAC. Berkunjung ke rumah keluarga dan kerabat maupun menyambangi tempat wisata semua untuk menciptakan momen yang penuh kesan. 

 

Lakukan pemesanan dengan mudah langsung di website TRAC atau lewat aplikasi TRACtoGo. Download aplikasinya di Playstore dan Appstore ya. Jangan lupa registrasi dan verifikasi membership untuk menikmati kemudahan layanan TRAC.

 

Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter (X) @TRACastra untuk mendapatkan berbagai informasi menarik mulai dari promo menarik, rekomendasi tempat wisata hits hingga hidden gem serta jadwal konser dan event terkini.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp