• Beranda
  • Blog
  • Tips
  • Penting! Begini Cara Aman Berkendara saat Jet Lag usai Liburan

Penting! Begini Cara Aman Berkendara saat Jet Lag usai Liburan
Penting! Begini Cara Aman Berkendara saat Jet Lag usai Liburan
Penting! Begini Cara Aman Berkendara saat Jet Lag usai Liburan

Tips

Penting! Begini Cara Aman Berkendara saat Jet Lag usai Liburan

15 Januari 2024

Share

Istilah jet lag ternyata nggak cuma bisa digunakan buat kamu yang naik pesawat atau beda zona waktu aja lho! Sobat yang kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan, juga bisa merasakan efek serupa. Salah satunya jet lag usai liburan.

 

Saat liburan, sobat biasanya akan jauh lebih santai, bangun lebih siang dan tidur lebih larut. Nggak cuma itu, kegiatan yang dilakukan juga jauh lebih fun dari rutinitas harian di kantor.

 

Masalahnya, saat liburan usai dan harus kembali bekerja, biasanya akan membuat tubuh harus mengalami “penyesuaian” kembali. Beberapa ciri jet lag antara lain; merasa lemas, mudah lelah dan pusing.

 

Kondisi itu bisa lebih runyam jika ditambah dengan kondisi jalanan yang semakin tak bersahabat. Wah kalau sudah begini, sobat harus ekstra hati-hati saat berkendara. 

 

 

 

Berikut ini beberapa tips agar selalu aman berkendara meski dalam kondisi jet lag.

 

Tips Aman Berkendara saat  Jet Lag Usai Liburan

 

Istirahat yang Cukup

 

Sindrom jet lag pasca liburan biasanya muncul pada orang-orang yang bepergian ke luar kota. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan beristirahat yang cukup sebelum memulai rutinitas.

 

Sobat TRAC bisa sejenak mengisi kembali tenaga yang terkuras saat liburan kemarin dan mengembalikan fokus untuk bekerja dan berkendara.

 

Idealnya, sisakan satu hari libur terakhir untuk beristirahat. Tapi kalau tidak memungkinkan maka usahakan kembali ke kota domisili saat sore hari sehingga punya waktu untuk beristirahat di malam hari. 

 

Berangkat Lebih Awal

 

Tips yang satu ini mungkin agak nyeleneh dan berkebalikan dari sebelumnya. Tapi nggak bisa dipungkiri, berangkat lebih awal bisa bikin sobat terhindar dari kemacetan.

 

 

 

Berjibaku dengan kemacetan tentu akan menguras tenaga dan bisa bikin sobat makin kelelahan saat sampai di kantor.  

 

Berangkat lebih awal juga memberikan sobat cadangan waktu kalau memang butuh istirahat sejenak di jalan. Kamu bisa menepi beberapa saat hingga bisa kembali fokus berkendara tanpa buru-buru dikejar waktu.

 

Jaga Laju Kendaraan

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan, kecepatan maksimal berkendara di wilayah perkotaan hanya 50 km/jam, sob. Serta, 30 km/jam di area pemukiman.

 

Hindari kebut-kebutan saat berkendara karena berpotensi menyebabkan bahaya di jalan. Apalagi kalau harus berhenti mendadak, sobat TRAC bisa kehilangan konsentrasi berkendara. Utamakan safety driving ya, sob!

 

Jaga Jarak Aman

 

Menjaga jarak kendaraan juga penting buat sobat punya ruang untuk melakukan pengereman mendadak dan terhindar dari tabrakan beruntun.

 

Sobat TRAC dapat mengira-ngira jarak yang aman sesuai kecepatan, namun jangan juga terlalu jauh memberikan jarak karena justru bisa diisi oleh kendaraan lain untuk menyalip.

 

 

 

Hindari Distraksi saat Berkendara

 

Simpan baik-baik ponsel, jangan makan dan minum sambil mengemudi, setel musik dan gunakan sabuk pengaman saat akan mengendarai mobil. Berhenti sejenak kalau sobat memang harus membalas pesan di ponsel dengan segera atau sekadar mencari lagu kesukaan.

 

Saat berkendara, usahakan untuk tetap fokus pada kondisi jalan jalan dan hindari melakukan aktivitas lain yang bisa mengganggu konsentrasi berkendara. 

 

Hati-hati dengan Blind Spot

 

Setiap kendaraan punya sudut-sudut yang jadi titik buta alias blind spot yang sulit terpantau dari jangkauan mata dan kaca spion. Sobat bisa memantau kondisi itu dengan cara mengubah posisi duduk untuk mendapatkan sudut tertentu.

 

Gerakan badan untuk mengecek blind spotNggak cuma bisa meningkatkan kewaspadaan, tapi cara ini juga akan membantu sobat terhindar dari kantuk dan rasa jenuh saat berkendara.

 

Gunakan Rental Mobil dengan Pengemudi saat Jet Lag usai Liburan

 

Kalau sobat TRAC merasa lelah berkendara sendiri, rental mobil dengan pengemudi dari TRAC bisa jadi pilihan.

 

Sobat TRAC jadi bisa beristirahat selama perjalanan dari rumah ke kantor dan menyerahkan urusan lalu lintas kepada pengemudi andal dan profesional. Kalau sudah begini, sobat TRAC tentu akan lebih semangat saat beraktivitas di kantor. 

 

 

 

Soal kenyamanan berkendara, pengemudi TRAC nggak perlu diragukan lagi, sob karena telah dibekali teknik aman berkendara seperti safety driving hingga defensive driving. Yang pastinya akan bikin sobat nggak cuma aman tapi juga nyaman.

 

Sobat TRAC bisa gunakan layanan rental mobil dengan pengemudi TRAC dengan durasi sewa mulai dari 4 hingga 12 jam. Pesan sekarang di halaman reservasi website TRAC atau lewat aplikasi TRACtoGo.

 

Download aplikasi TRACtoGo di Playstore maupun Appstore. Jangan lupa registrasi membership dan verifikasi untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Dapatkan tips perjalanan lainnya dengan follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra. Di sana sobat juga bisa menemukan berbagai rekomendasi wisata dan tentunya bocoran promo dan penawaran yang menguntungkan dari  TRAC. 

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp