https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-234-20 Ini 10 Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Dunia_Bromo.JPG
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-234-20 Ini 10 Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Dunia_Bromo.JPG
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-234-20 Ini 10 Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Dunia_Bromo.JPG

Travel

Ini 10 Destinasi Wisata Indonesia yang Populer di Dunia

19 September 2021

Share

Destinasi Indonesia yang mendunia |  Foto: Tengguo Wu / iStockphoto

 

Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang dilimpahkan ragam keindahan alam, dari mulai puncak tertinggi daratan hingga kedalaman lautan. Butuh waktu lama untuk merasa bosan mengeksplorasi kekayaan pesona Nusantara, karena memang seakan tak akan ada habisnya berwisata di Indonesia. 

 

Dari sekian banyak destinasi wisata Indonesia yang memesona, beberapa di antaranya telah memikat perhatian wisatawan dunia. Melihat potensi dan daya tarik yang dimilikinya, 10 destinasi wisata berikut ini memang layak untuk dikagumi dunia.

 

 

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Sipolha Hill, Danau Toba | Foto: Andry E. Beurat / iStockphoto

 

Ada banyak alasan mengapa Danau Toba populer di dunia. Ia merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang terdalam di dunia. Danau Toba juga memiliki lanskap alam yang memukau dengan keberadaan Pulau Samosir hampir seukuran Singapura di tengahnya.

 

 

2. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur | foto: R.M. Nunes / iStockphoto

 

Popularitas Candi Borobudur di mata dunia sudah dimulai sejak lama. Status warisan dunia dari UNESCO bahkan telah disematkan pada candi Buddha terbesar di dunia ini pada tahun 1991. Candi seluas 2.500 m2 ini memiliki tak kurang dari 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief.

 

 

 

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

Camping di Bromo Tengger Semeru National Park | Foto: Mumemories / iStockphoto

Dari sekian banyak gunung di Indonesia, Bromo adalah salah satu yang populer hingga ke mancanegara. Keindahan pesona negeri di atas awan yang dimilikinya tak terbantahkan. Wisatawan yang mengunjungi Gunung Bromo juga dapat melakukan banyak aktivitas, salah satunya berkuda.

 

 

 

4. Kawah Ijen, Jawa Timur

Blue fire di Kawah Ijen | Foto: superjoseph / iStockphoto

 

Jawa Timur masih memiliki pesona lain yang mendunia yaitu Kawah Ijen. Destinasi yang berada di Banyuwangi ini begitu populer karena fenomena Api Biru yang hanya ada dua di dunia. Selain Indonesia, fenomena yang hanya bisa disaksikan pada malam hari ini hanya ada di Islandia.

 

 

 

5. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Menyelam di bawah laut Bunaken, Sulawesi Utara | Foto: MichaelStubblefield / iStockphoto

 

Taman Laut Bunaken memiliki pesona bawah laut yang tak tertandingi. Di sini, keindahan seakan tak memperbolehkan mata untuk berkedip. Anda dapat menemukan beragam terumbu karang dan kehidupan biota laut dengan sempurna dari 20 titik penyelaman terbaik di destinasi ini. 

 

 

 

6. Raja Ampat, Papua Barat

Love Hill di Raja Ampat | Foto: Ersa Danang Putra / iStockphoto

 

Sesuai namanya, Raja Ampat memiliki pesona dari empat pulau utama, yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Destinasi ini juga terkenal berkat pemandangan bawah lautnya. Gugusan karang yang ada di Raja Ampat bahkan diakui sebagai salah yang terbaik di dunia.

 

 

 

7. Sumba, Nusa Tenggara Timur

Pohon Menari di dekat Pantai Walakiri, Sumba | Foto: Tengguo Wu / iStockphoto

 

Sumba adalah gudang destinasi wisata yang mendunia. Keasrian alam dan penduduknya sejak lama telah memikat banyak wisatawan. Beberapa destinasi yang dapat mewakilkan itu adalah adalah Desa Wainyapu, Pantai Bawana, Air Terjun Waimarang, Bukit Wairinding hingga Nihiwatu. 

 

 

 

8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Pink Beach di Labuan Bajo | foto: asnidamarwani / iStockphoto

 

Labuan Bajo adalah pulau yang telah mendunia sejak lama. Taman Nasional Komodo adalah salah satu daya tarik utamanya. Selain itu, pulau ini juga merupakan gudang destinasi wisata yang mendunia, diwakili oleh Goa Batu Cermin, Wae Rebo, Pulau Padar, hingga Pink Beach.

 

 

 

9. Tanah Lot, Bali

Tanah Lot | Foto: Artush / iStockphoto

 

Bali memiliki banyak destinasi wisata yang mendunia. Satu yang tak boleh Anda lewatkan adalah Tanah Lot, Pura yang berada di atas bongkahan batu sejauh sekitar 300 meter dari bibir pantai. Tanah Lot secara keseluruhan memiliki lanskap yang tak tertandingi, khususnya saat sunset menjelang.

 

 

 

10. Ubud, Bali

Kuil Teratai di Ubud | Foto: WhitcombeRD

 

Selain Tanah Lot, Pulau Dewata memiliki Ubud yang disebut-sebut sebagai "jantung Bali". Destinasi ini mendunia karena memiliki kekayaan kesenian, sejarah, dan tentunya keindahan alam yang dilengkapi sejuknya udara khas pegunungan. 

 

Itu dia 10 destinasi wisata Indonesia yang populer di dunia. Ada yang ingin Anda kunjungi dalam waktu dekat? Jika ada, pastikan perjalanan Anda lakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

 

Selain itu, pastikan pula moda transportasi pilihan Anda selama berwisata memiliki protokol kesehatan ketat untuk memaksimalkan proteksi dari penyebaran virus. Dalam hal ini Anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi alih-alih transportasi umum, atau mengandalkan layanan sewa mobil dari TRAC yang berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL.

 

SMART PROTOCOL adalah protokol kesehatan ketat yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas sudah vaksin dan telah melalui pemeriksaan kesehatan, serta diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan. TRAC juga menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang dan penggunaan sekat pembatas, hingga memasang sekat berbahan fiber di antara pengemudi dan penumpang untuk menghindari kontak langsung.

 

Selain aman, dengan TRAC Anda juga dapat menyewa kendaraan sesuai kebutuhan, mulai dari mobil berkapasitas empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan secara lepas kunci maupun dengan pengemudi bersertifikat Defensive Driving. 

 

Berbagai layanan TRAC bisa Anda nikmati dengan mudah melalui aplikasi TRAC To Go yang dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasi TRAC To Go dapat memudahkan Anda merencanakan dan memesan layanan TRAC melalui beragam fitur unggulannya, seperti fitur Experience yang berisi ragam penawaran menarik, dan yang terbaru fitur pembayaran menggunakan ShopeePay.

 

Khusus untuk Anda yang ingin mengunjungi Pulau Bali, TRAC menawarkan Electric Vehicle Bali-EV Smart Mobility untuk mewujudkan Eco Sustainable Tourism di Bali. Proyek gabungan TRAC dan Toyota ini menyediakan tiga lineup kendaraan elektrifikasi Toyota yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV. 

 

Khusus untuk EV Smart Mobility, selain dapat Anda pesan melalui aplikasi TRAC To Go dan aplikasi mTOYOTA, layanan ini juga dapat dinikmati dengan cara langsung mendatangi station di depan central parkir The Nusa Dua, atau station di area pintu masuk Pulau Peninsula The Nusa Dua. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500 009. 

 

Di antara sepuluh destinasi di atas, kira-kira mana yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu?

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp