• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Lomba 17 Agustus Paling Unik di Indonesia yang Kaya Akan Sentuhan Tradisi

Lomba 17 Agustus Paling Unik di Indonesia yang Kaya Akan Sentuhan Tradisi
Lomba 17 Agustus Paling Unik di Indonesia yang Kaya Akan Sentuhan Tradisi
Lomba 17 Agustus Paling Unik di Indonesia yang Kaya Akan Sentuhan Tradisi

Travel

Lomba 17 Agustus Paling Unik di Indonesia yang Kaya Akan Sentuhan Tradisi

14 Agustus 2023

Share

Bulan Agustus selalu menjadi waktu yang spesial bagi Indonesia. Masyarakat di berbagai penjuru tanah air dengan antusias merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai kegiatan.

 

Salah satunya lomba 17 agustus yang sudah cukup populer sebagai gambaran semangat perjuangan. Tak hanya di kota besar, beberapa daerah juga kerap menggelar berbagai lomba yang sarat dengan sentuhan tradisi lokal untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus. 

 

Berikut beberapa informasi ragam perlombaan unik yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia. Sobat TRAC bisa menjadikannya referensi perjalanan wisata untuk mengisi long weekend pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang 17 Agustus 2023 nanti.

 

5 Lomba 17 Agustus Paling Unik

 

Pacu Kude - Aceh

 

Pacuan kuda dari Aceh ini bukan sembarang lomba mencari siapa yang tercepat namun juga memiliki latar sejarah dan filosofi yang tinggi. Pacu Kude sudah menjadi bagian dari masyarakat Aceh sejak masa penjajahan Belanda dulu. Para penduduk lokal, biasa memainkannya setelah panen sebagai salah satu permainan rakyat.

 

 

 

Setelah Indonesia merdeka dan pemerintahan daerah setempat dibentuk, Pacu Kude makin digalakkan bahkan digelar secara rutin di rangkaian perayaan HUT RI.

 

Sejak saat itulah pemerintah dan masyarakat Aceh menganggap bahwa Pacu Kude merupakan simbol dari perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan. Kuda-kuda terbaik dengan joki andal akan berjuang untuk mencapai garis akhir.

 

Biasanya setiap tahun Kabupaten Aceh Besar menjadi tuan rumah gelaran Pacu Kude. namun sayangnya pada 2023 ini Pacu Kude di daerah tersebut ditiadakan.

 

Lapangan HM. Hasan Gayo Blang Bebangka yang biasanya menjadi tempat acara sedang dibangun untuk persiapan PON 2024. Tapi Sobat TRAC tetap bisa menyaksikan Pacu Kude di tahun-tahun mendatang, tentunya dengan venue yang lebih ciamik. 

 

Lomba Sampan Layar - Batam, Kepulauan Riau

 

Perahu dengan layar berwarna warni akan menghiasi perairan Batam, Kepulauan Riau dalam rangka Lomba Sampan Layar yang diselenggarakan memperingati HUT RI setiap tahunnya. Oh iya, tak hanya perahu layar namun ada juga lomba ketinting dan kapal cepat yang ikut memeriahkan gelaran ini.

 

 

 

Pemerintah Kota Batam menjadwalkan Lomba Sampan Layar tahun ini pada 26 Agustus 2023 di Pulau Panjang Sekotok, Kecamatan Bulang.

 

Menurut sumber lain, Pulau Belakang Padang pun juga akan menyelenggarakan acara serupa. Jika cuaca cerah, Sobat TRAC bisa menyaksikan perlombaan sampan layar dengan latar belakang Singapura pada 17 Agustus mendatang.

 

Sepak Bola Durian - Kebumen, Jawa Tengah

 

Menjadi olahraga paling diminati masyarakat, sepak bola tak mungkin absen dari daftar lomba 17 agustus. Di Kabupaten Kebumen, pertandingan yang digelar bukan sekadar sepakbola pada umumnya. Seperti sepakbola mini alias futsal maupun sepakbola daster yang menghibur namun sepakbola durian. Ya, Sobat TRAC tak salah membaca karena memang bola yang digunakan akan diganti dengan buah durian.

 

Sepakbola durian dilakukan di lapangan yang cukup kecil namun kehebohannya tak perlu ditanyakan lagi. Hanya orang dewasa yang boleh ikut dalam pertandingan ini, bahkan konon katanya tak bisa sembarangan orang lho!

 

Para pemain tidak boleh menggunakan alas kaki, sehingga hanya orang-orang yang memiliki keterampilan tertentu yang bisa berpartisipasi. Walau tak bisa ikut main, menyaksikan pertandingan ini dijamin menjadi pengalaman yang menyenangkan. 

 

 

 

Lomba Dayung Jukung - Banjarmasin, Kalimantan Selatan

 

Jukung merupakan perahu panjang dan sempit yang biasa digunakan dalam keseharian masyarakat sungai di Kalimantan Selatan di masa lampau.

 

Setiap perayaan hari besar biasanya digelar lomba dayung jukung, tak ayal kegiatan ini juga masuk dalam agenda lomba 17 Agustus di Kota Banjarmasin yang dikenal dengan Kota Seribu Sungai.

 

Selain ikut merayakan kemeriahan pesta kemerdekaan, gelaran ini juga seringkali digunakan sebagai ajang pencarian bibit atlet dayung. Keren!

 

Peresean - Lombok, Nusa Tenggara Barat

 

Peresean merupakan ajang adu ketangkasan para pepadu atau jagoan (sekarang dilakukan oleh atlet) dari tanah Sasak. Dalam pertandingan ini, dua pepadu bertarung bersenjatakan tongkat rotan dan dilengkapi perisai dari kulit kerbau. Dahulu kala Peresean menjadi ajang untuk para pemuda Sasak melatih diri melawan penjajah.

 

Tahun ini, Peresean se-Pulau Lombok akan diselenggarakan mulai 19 Agustus 2023 di Lapangan Umum Praya. Rencananya ajang ini akan digelar selama 10 hari dan diikuti oleh atlet dari seluruh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat.

 

 

 

Selain 5 lomba yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi lomba 17 Agustus yang unik dan sarat dengan nilai budaya dan tradisi.

 

Jadwalkan perjalanan sobat untuk melihat langsung keunikan lomba-lomba tersebut langsung dari daerah asalnya. Jelajahi berbagai kota dan kenali bermacam kekayaan budaya dan tradisi Indonesia bersama layanan rental mobil dan sewa bus dari TRAC.

 

Jelajah Pesona Wisata Indonesia Bersama TRAC

 

Dengan dukungan kantor cabang yang tersebar dari sisi barat hingga sisi timur Indonesia, TRAC memiliki cakupan layanan yang luas dan siap mengantarkan sobat ke berbagai destinasi di Indonesia.

 

Sobat TRAC juga bisa memilih sendiri armada yang akan digunakan. Seperti city car yang nyaman digunakan untuk perjalanan dalam kota, MPV dengan kapasitas 7 penumpang, atau layanan minibus hingga big bus jika ingin bepergian dengan banyak orang.

 

Pemesanan rental mobil dan sewa bus TRAC juga cukup mudah. Sobat bisa melakukannya langsung dari ponsel melalui aplikasi TRACtoGo. Unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore dan Apple App Store dan rasakan kemudahannya.

 

Jangan lupa untuk follow instagram trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter TRACastra untuk mendapatkan berbagai informasi menarik, promo hingga tips dan rekomendasi wisata. 

 

Kemanapun treknya pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp