09 xx Destinasi Wisata Ramah Disabilitas (1).jpg
09 xx Destinasi Wisata Ramah Disabilitas (1).jpg
09 xx Destinasi Wisata Ramah Disabilitas (1).jpg

Travel

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Ramah Disabilitas

30 November 2022

Share

Menjelang Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap 3 Desember, TRAC akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa destinasi wisata ramah disabilitas yang ada di berbagai kota di Indonesia. Berbeda dari tempat wisata pada umumnya, tempat wisata ramah disabilitas memiliki beberapa kriteria tambahan agar bisa mengakomodir kebutuhan para difabel, khususnya pengguna kursi roda.

 

Meski belum banyak destinasi wisata di Indonesia yang berlabel ramah disabilitas, namun mulai banyak dijumpai tempat-tempat wisata yang menyadari pentingnya akses bagi para difabel khususnya pengguna kursi roda. Berikut beberapa destinasi yang bisa menjadi pilihan saat berwisata dengan teman maupun kerabat difabel pengguna kursi roda.

 

Rekomendasi Tempat Wisata Ramah Disabilitas di Indonesia

 

 

Museum Nasional, Jakarta

 

Museum Nasional atau yang dikenal juga sebagai Museum Gajah ini memiliki ribuan koleksi terkait dengan sejarah Indonesia maupun dunia. Berlokasi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta museum ini menjadi salah satu museum terbesar di Indonesia dengan tingkat kunjungan yang cukup tinggi. Bagi pengguna kursi roda, museum Nasional  ini telah dilengkapi dengan ramp landai serta fasilitas lift untuk berpindah lantai. 
 

Sebagai museum yang ramah disabilitas, Museum Nasional tak hanya berupaya mengakomodasi kebutuhan difabel pengguna kursi roda, namun ada juga fasilitas yang ditujukan bagi para tuna netra. Beberapa koleksi museum telah dilengkapi penjelasan menggunakan huruf braille yang dapat dibaca oleh tuna netra dengan cara diraba.

 

Tebet Eco Park, Jakarta

 

Mencari tempat wisata luar ruang yang ramah disabilitas memang bukan perkara mudah. Namun tenang, kini telah hadir Tebet Ecopark di Jakarta Selatan, yang bisa Anda pilih untuk sekadar menikmati udara segar di tengah kota Jakarta. Jalanan yang landai dan cukup luas membuat pengguna kursi roda bisa bergerak leluasa di taman ini. 

 

 

 

Jangan lupa untuk menikmati taman dari Infinity link bridge. Jembatan setinggi 6 meter ini akan memberikan pengalaman yang berbeda saat Anda menyusuri area taman. Tebet Ecopark juga menyediakan berbagai fasilitas lain yang dapat Anda gunakan secara cuma-cuma, seperti: zona bermain anak, taman tematik serta berbagai fasilitas bermain lainnya. 

 

Antusiasme masyarakat jakarta pada destinasi ini terbilang tinggi. Tak ayal, saat akhir pekan, Tebet Eco Park cukup ramai dan padat oleh pengunjung. JIka Anda berencana untuk datang kesana, sebaiknya datang saat pagi hari. Karena kondisinya masih cukup sepi dan Anda bisa lebih leluasa bermain-main disana.

 

Fairy Garden, Bandung

 

Jika Anda berlibur ke Bandung, jangan lupa berkunjung ke destinasi yang lokasinya tak jauh dari Maribaya Lodge ini. Ya, Fairy Garden. Disini, Anda akan dibawa masuk kedalam suasana ala negeri dongeng, lengkap dengan kastil-kastil yang cantik. Siapkan kamera untuk ber swafoto, karena pemandangan indah yang menyelimuti destinasi ini, terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja.

 

 

 

Bagi Anda pengguna kursi roda maupun yang berencana akan berlibur dengan rekan atau keluarga penyandang disabilitas, Fairy Garden memiliki pintu khusus yang akan mempermudah akses masuk. Selain itu, tersedia juga toilet khusus difabel dan ramp khusus bagi pengguna kursi roda. Wah dengan fasilitas yang ada, jadi makin seru menikmati dunia peri.

 

Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

 

Terletak di ujung jalan Malioboro yang tak pernah sepi, Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong saat bertandang ke kota Yogyakarta. Benteng Vredeburg menyimpan banyak cerita sejarah bagi kota Yogyakarta yang kisahnya bisa Anda saksikan di museum yang terdapat di dalamnya.

 

Museum ini dilengkapi dengan akses khusus yang akan memudahkan difabel pengguna kursi roda untuk berkeliling melihat ratusan diorama yang ada. Selain itu, disana juga tersedia kursi roda yang bisa digunakan pengunjung difabel tanpa dipungut biaya sepeser pun.

 

Museum Angkut, Batu

 

Ratusan koleksi kendaraan terpajang rapi di Museum Angkut yang terletak di Kota Batu, yang hanya berjarak 1 jam perjalanan dari pusat Kota Malang. Berdiri di lahan seluas 3,8 hektar, museum angkut menyimpan setidaknya 300 koleksi kendaraan beragam model dan lintas zaman.

 

Bagi pengunjung difabel jangan khawatir. Area wisata museum angkut terbilang ramah bagi pengguna kursi roda. Apalagi, disana juga juga banyak petugas yang siap membantu jika Anda merasa kesulitan. Bahkan, Museum Angkut juga menyediakan kursi roda gratis yang bisa Anda pinjam untuk berkeliling.

 

 

 

Selain 5 tempat wisata di atas, sebenarnya masih banyak tempat wisata ramah disabilitas lain yang bisa dikunjungi. Untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjungnya, kini tempat-tempat wisata juga mulai melengkapi berbagai fasilitas yang bisa memudahkan para difabel. Seperti jalur khusus kursi roda, gerbang dan toilet khusus, penjelasan tertulis bagi difabel Tuli, Hingga informasi dengan huruf braille maupun audiobook bagi penyandang tuna netra.
 

Untuk mendukung kebutuhan mobilitas Anda ke destinasi wisata, serahkan saja urusan transportasi pada layanan rental mobil terpercaya dari TRAC. Anda bisa fokus untuk menyusun rencana perjalanan tanpa harus pusing memikirkan sarana transportasi yang tepat. 
 

Anda bisa memilih jenis armada yang Anda rasa cocok untuk membawa kursi roda kesayangan karena layanan rental mobil TRAC memiliki armada yang bervariasi. TRAC juga memiliki jangkauan layanan yang luas di berbagai kota di Indonesia, jadi kemana pun destinasi yang dipilih, TRAC akan selalu menyertai Anda.

 

Selain itu, pengemudi TRAC juga akan selalu memberikan layanan prima. Jadi, tak perlu ragu meminta bantuan jika Anda memerlukannya. Oh iya, para pengemudi TRAC juga sudah disertai dengan pelatihan defensive driving, sehingga perjalanan akan menjadi jauh lebih nyaman. 

 

Untuk kemudahan pemesanan, layanan rental mobil maupun sewa bus dari TRAC dapat Anda lakukan melalui aplikasi TRACtoGo yang dapat diunduh di Google Playstore maupun Apple App Store atau hubungi Customer Assistance Center TRAC di nomor 1500 009.

 

Ikuti informasi terbaru tentang destinasi yang sedang hits maupun penawaran terbaik terkait layanan rental mobil dan sewa bus di media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp