6 Kuliner Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba
6 Kuliner Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba
6 Kuliner Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba

Travel

6 Kuliner Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba

22 Januari 2024

Share

Palembang merupakan Ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Selain populer dengan jembatan Ampera, kota berjuluk bumi Sriwijaya ini juga dikenal karena kulinernya yang khas, salah satunya Pempek.

 

Tapi tau nggak sob kalau ternyata Palembang punya banyak kuliner lain yang nggak kalah lezat dari Pempek? Biar nggak makin penasaran, berikut 6 kuliner Palembang selain pempek yang mesti sobat TRAC cobain saat berkunjung kesana.

 

Mie Celor

 

Kuliner satu ini merupakan olahan mie asli Palembang yang disajikan dalam kuah santan dan kaldu udang kental. Nikmat banget, loh, sob! Apalagi kalau ditambah dengan telur rebus, toge, serta kucai sebagai topingnya.

 

Mie Celor punya cita rasa khas dengan tekstur mie yang kenyal dan lembut. Sebagai rekomendasi, sobat TRAC bisa cobain Mie Celor di Mie Celor 26 Ilir H.M. Syafei Z, Jl. Merdeka No.54, Talang Semut, Palembang.

 

 

 

Celimpungan

 

Celimpungan merupakan kuliner khas berikutnya yang mesti sobat cicipi saat berkunjung ke Palembang. Namun, cukup sulit memang menemukan hidangan satu ini, karena biasanya hanya tersaji saat bulan Ramadhan dan Lebaran.

 

Sekilas tampilannya mirip dengan pempek. Celimpungan terbuat dari ikan dan sagu dan disajikan dengan kuah kari santan yang bikin kaya citarasa.

 

Kalau penasaran dengan rasa otentiknya, sobat TRAC bisa datang ke Pempek Candy di Jl. Jend. Sudirman No.149/8, Sungai Pangeran, Palembang.

 

Pindang Patin

 

Kuliner Palembang satu ini wajib banget sobat TRAC cicipi. Pindang patin merupakan hidangan yang terbuat dari ikan patin disajikan dengan kuah santan.

 

Cara mengolahnya cukup sederhana. Sebelumnya, ikan patin dimasak dengan bumbu dan rempah khas Palembang untuk memberikan cita rasa asam, manis, dan sedikit pedas.

 

 

 

Rumah makan Pindang Musi Rawas di Jl. Angkatan 45 No.18, Lorok Pakjo, bisa jadi rekomendasi yang pas buat sobat TRAC mencicipi hidangan ini.

 

Sambal Tempoyak

 

Tempoyak merupakan olahan durian yang di fermentasi. Di Palembang, Tempoyak biasa dijadikan sebagai sambal, bumbu penyedap, atau pelengkap masakan. Salah satu hidangan terkenal adalah Brengkes Tempoyak.

 

Meskipun berbahan dasar daging durian, sobat TRAC nggak akan mendapati rasa durian yang terlalu menyengat. Jadi, aman buat sobat yang nggak suka durian.

 

Kalau tertarik mencicipi olahan ini, sobat TRAC bisa berkunjung ke RM Pindang Meranjat Bu Ucha, Jl. Demang Lebar Daun No.14, Lorok Pakjo.

 

Es Kacang Merah

 

Saat cuaca lagi panas-panasnya di Palembang, Es Kacang Merah bisa jadi pelepas dahaga paling pas, sob. Rasanya segar, gurih, dan yang pasti cukup unik di lidah.

 

Minuman ini tersaji dalam campuran kacang merah, gula aren, santan, es batu, dan susu kental bikin Es Kacang Merah jadi favorit di siang hari.

 

 

 

Salah satu tempat terbaik mencicipi minuman satu ini adalah Es Kacang Mamat Lapangan Hatta, Jl. Kebun Manggis, Kepandean Baru.

 

Aneka Kue Basah

 

Saat Lebaran, masyarakat Palembang selalu menyajikan berbagai macam makanan. Salah satunya adalah kue khas seperti Kue Maksuba dan Kue 8 Jam.

 

Kue Maksuba punya rasa manis dan gurih dengan warna kekuningan dan garis hitam di tengahnya. Sementara Kue 8 Jam membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya, tapi hasilnya spesial banget. Cobain deh saat Lebaran di Palembang!

 

Gimana, ngebayanginnya aja udah nikmat banget kan sob! Ayo jelajahi ragam wisata kuliner Palembang yang kaya citarasa dan pastinya siap memanjakan lidah.

 

Urusan transportasi nggak perlu khawatir. Sobat TRAC bisa gunakan layanan rental mobil Palembang dari TRAC. Pilih layanan rental mobil dengan pengemudi biar lebih santai di jalan, atau rental lepas kunci kalau mau lebih lebih fleksibel dan privat.

 

Pesan sekarang lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Playstore maupun Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Oh iya, untuk informasi terkini, jangan lupa follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp