• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Mi Gomak, Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi Jika Berkunjung ke Sumatera Utara

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-183-13.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-183-13.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-183-13.jpg

Travel

Mi Gomak, Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi Jika Berkunjung ke Sumatera Utara

29 April 2021

Share

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, mi adalah bahan makanan populer selain nasi. Maka tidak heran kalau hampir setiap daerah di Indonesia kini memiliki hidangan mi kebanggaan, seperti mi gomak yang menjadi andalan masyarakat Sumatera Utara.

 

Sejatinya, mi gomak merupakan hidangan khas Tanah Batak Toba, meliputi semua daerahnya hingga ke Sibolga dan Tapanuli. Akan tetapi hari ini, mi gomak mulai jamak disuguhkan di seantero Sumatera Utara, sehingga Anda tak perlu khawatir melewatkan kesempatan mencicipi kuliner legendaris satu ini jika berkunjung.

 

 

Mi gomak, spagetinya orang Batak

(dok. iStockphoto)

 

Sekilas pandang, mi gomak tak ubahnya hidangan mi dari daerah-daerah lain di Indonesia. Yang menjadikan hidangan satu ini unik adalah cita rasanya yang cenderung pedas, berkat kuahnya yang diracik menggunakan merica batak alias andaliman, cabai, bawang, lengkuas, dan bumbu lainnya. 

 

Mi yang digunakan pada hidangan ini juga berbeda, yakni mi lidi bertekstur kenyal dengan diameter yang relatif lebih besar dibanding jenis mi lainnya. Berkat jenis mi ini, mi gomak oleh masyarakat Sumatera Utara juga diberi nama “spageti batak” lantaran mirip dengan kuliner khas negara Italia tersebut.

 

 

Cara pembuatan mi gomak juga tidak seperti Anda biasa menyeduh mi instan. Dalam hal ini mi akan direbus terlebih dahulu, kemudian ditiriskan, baru diguyur kuah pedas yang telah disiapkan dan dibuat secara terpisah. 

 

Kata gomak merujuk pada cara penyajian mi pada masa dahulu

(dok. iStockphoto)

 

Keunikan lain mi gomak adalah dari namanya sendiri. Konon katanya, kata gomak diambil dari istilah digomak dalam bahasa Batak yang berarti digenggam. Hal ini katanya merujuk pada cara penyajian mi pada masa dahulu yang digenggam-genggam menggunakan tangan.

 

Akan tetapi hal tersebut sudah tinggal cerita. Di zaman sekarang, penjual mi gomak tidak lagi menghidangkan mi dengan cara digomak. Selain karena sudah ada alat yang lebih modern, para pedagang dan pembeli kini lebih mengutamakan kebersihan hidangan. 

 

 

Biasa disantap masyarakat Sumatera Utara untuk sarapan, mi gomak tersedia dalam varian rebus dan goreng

(Ilustrasi mi gomak/ dok. iStockphoto)

 

Meski identik dengan cita rasa pedas dari kuahnya yang menohok, mi gomak juga bisa dinikmati dalam versi goreng, alias tidak menggunakan kuah. Meski begitu, Anda masih tetap bisa menikmati cita rasa pedas yang khas, karena mi gomak goreng tetap dibuat dengan menggunakan sambal pedas campuran andaliman dan bumbu lainnya.

 

Apapun varian pilihan Anda, mi gomak yang bisa dengan mudah ditemukan sepanjang hari ini akan lebih nikmat disantap selagi panas. Bagi masyarakat Sumatera Utara khususnya yang berada di tepian Danau Toba, seperti di daerah Porsea, Laguboti, Balige, Tarutung, hingga Tapanuli Selatan, mi gomak biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan. Di Kota Medan sekalipun kini Anda bisa menemukan menu sarapan mi gomak.

 

Biasanya, mi gomak pada santap sarapan akan dinikmati bersama ragam jenis gorengan atau telur rebus. Sedikit berbeda di Balige, masyarakat di sana biasa menyantap mi gomak dengan bubur agar cukup kenyang memulai hari. 

 

Sekalipun pedagang mi gomak bisa Anda ditemukan hampir di seantero Sumatera Utara, perburuan rasa akan paripurna jika mengunjungi warung pinggir jalan sepanjang Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga, hingga Tapanuli. Penjual mi gomak diketahui lebih banyak di daerah tersebut.

 

 

Soal harga, mi gomak bisa dibilang murah tetapi jelas tidak murahan. Dengan cita rasa pedas nan khas, mi gomak dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp5.000 per porsinya. 

 

Itu dia mi gomak, kuliner legendaris andalan Sumatera Utara yang jangan sampai terlewatkan jika Anda sedang berada di Tanah Batak. Tak perlu khawatir kerepotan mencari pedagang mi gomak. Selain tersebar di seantero Sumatera Utara, Anda juga bisa memanfaatkan layanan sewa mobil dari TRAC yang siap mengantar ke mana pun tujuannya.

 

Dengan TRAC Anda bisa mengatur perjalanan dengan kendaraan pilihan sesuai kebutuhan, mulai dari sepeda motor, mobil berkapasitas hingga empat orang untuk perjalanan keluarga, hingga bus berbagai ukuran untuk perjalanan dalam rombongan. Anda pun bisa menyewa kendaraan secara lepas kunci atau bersama pengemudi TRAC bersertifikat defensive driving.

 

 

 

Soal keamanan, selama pandemi Covid-19 TRAC berkomitmen menjalankan SMART PROTOCOL, yakni protokol kesehatan yang meliputi penyemprotan rutin unit kendaraan menggunakan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp