Pesona Wisata Solo dan Kulinernya yang Melegenda
Pesona Wisata Solo dan Kulinernya yang Melegenda
Pesona Wisata Solo dan Kulinernya yang Melegenda

Travel

Pesona Wisata Solo dan Kulinernya yang Melegenda

23 April 2024

Share

Pesona wisata Solo mungkin belum setenar beberapa kota lain yang selalu jadi tujuan favorit liburan di Jawa Tengah, seperti Semarang dengan Lawang Sewu atau Yogyakarta dengan Jalan Malioboro.

 

Tapi siapa sangka, kota kecil dengan nama resmi Surakarta ini nyatanya menyimpan sejarah panjang perkembangan tanah Jawa. Serupa tapi tak sama dengan Yogyakarta, disini sobat TRAC bisa dengan mudah menemukan warisan kebudayaan Jawa yang masih begitu kental.

 

Maka nggak heran kalau kota yang hanya seluas 46,7 kilometer persegi ini, kerap dipilih wisatawan pecinta sejarah dan budaya. Destinasi yang jadi primadona tentu saja Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran.

 

Nggak cuma itu, belakangan Solo juga kian populer dengan gaya hidup Slow Living. Berbeda dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang selalu ingin serba cepat, orang-orang di Solo dianggap lebih santai dan bisa menikmati arti hidup yang sesungguhnya.

 

 

 

Makanya, banyak wisatawan yang berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta tertarik berlibur kesana untuk menikmati slow living ala Solo. Menapaki arti liburan yang sesungguhnya dengan menjelajah tiap sisi kota sambil menyantap aneka kulinernya yang melegenda.

 

Rekomendasi Wisata Solo

 

Pracima Tuin

 

Pracima Tuin sejatinya sebuah taman yang berada di dalam komplek Pura Mangkunegaran yang juga jadi tempat tinggal Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X. Taman ini terletak persis di sebelah barat Pura Mangkunegaran dan telah berusia lebih dari 100 tahun.

 

Menyimpan begitu banyak koleksi sejarah dan budaya, pada awal 2023 lalu taman Pracima Tuin resmi dibuka untuk wisatawan dan masyarakat umum.

 

Selain bisa menikmati keindahan Pura Mangkunegaran, sobat TRAC juga bisa mencicipi aneka hidangan tradisional di restoran yang ada disana. Menu yang tersedia cukup beragam, mulai dari makanan pembuka hingga hidangan utama. Serasa makan ala bangsawan, sob!

 

 

 

Pasar Triwindu

 

Sobat TRAC pecinta barang-barang antik, disinilah surganya. Berlokasi nggak jauh dari Pura Mangkunegaran, sobat bisa menemukan begitu banyak koleksi barang langka mulai dari ukiran kayu, patung, hingga foto-foto tokoh nasional.

 

14_Pesona Wisata Solo dan Kulinernya yang Melegenda (2) Medium.png

 

Yang membuatnya lebih unik lagi adalah sobat TRAC juga bisa bertransaksi disini dengan sistem barter. Jadi, sobat bisa bawa barang antik yang dipunya dan tukar dengan barang antik yang diinginkan. Asik banget kan!

 

14_Pesona Wisata Solo dan Kulinernya yang Melegenda (3) Medium.png

 

Pasar yang telah ada sejak tahun 1945 ini buka setiap hari mulai dari pukul 9 pagi hingga 4 sore. Meski barang antik identik dengan harga mahal, sobat bisa tawar-menawar disini.

 

Solo Safari

 

Kebun binatang yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami No.109 Kentingan, Jebres, Kota Surakarta ini dulunya bernama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan punya luas mencapai 13,9 hektar. Setelah direvitalisasi, namanya resmi berganti jadi Solo Safari sejak Januari 2023.

 

 

 

Solo Safari punya sekitar 347 satwa dari total 87 spesies satwa endemik Indonesia yang terancam punah dan dilindungi. Disana, sobat TRAC bisa bertemu Komodo, Owa Jawa, Singa, Siamang, Binturong, Walabi dan aneka satwa lainnya.

 

Masjid Sheikh Zayed

 

Masjid Sheikh Zayed langsung jadi salah satu ikon Solo sejak diresmikan pada November 2022 lalu dan jadi simbol persahabatan Uni Emirates Arab (UEA) dengan Indonesia.

 

Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya

 

Dilihat dari bentuk bangunannya, masjid ini sengaja dibuat semirip mungkin dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Bedanya hanya pada ukurannya yang lebih kecil.

 

Berdiri di atas lahan seluas 3 hektare, Masjid Sheikh Zayed Solo memiliki luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi. Masjid ini dilengkapi dengan empat menara dan berhiaskan satu kubah utama dan 81 kubah kecil dengan hiasan batu alam.

 

09_Pesona Masjid Sheikh Zayed Solo dan Fakta Unik yang Menyertainya (3) Medium.png

 

Meski merupakan replika Masjid di UAE yang khas bergaya timur tengah, nyatanya Masjid Sheikh Zayed Solo ini juga punya sentuhan budaya lokal lho. Sobat TRAC bisa memperhatikan di beberapa bagian lantai yang terlihat memiliki motif batik kawung.

 

 

 

Kuliner khas Solo yang Mesti Dicoba

 

Setelah puas menjelajah berbagai destinasi yang ada, sekarang saatnya buat sobat TRAC mencicipi beberapa kuliner khas Solo yang telah melegenda. Berikut beberapa olahan kaya rasa yang bisa dicoba.

 

Tengkleng

 

Kuliner ini jadi olahan yang wajib dicoba saat liburan di Solo. Tengkleng merupakan olahan tulang kambing yang dimasak dengan aneka rempah. Disajikan dengan kuah kuning seperti tongseng, makanan ini sangat nikmat disantap bareng nasi hangat.

 

Cukup mudah menemukan kuliner satu ini di Solo. Tapi ada beberapa tempat yang bisa jadi rekomendasi buat sobat TRAC. Berikut diantaranya.

 

  • Tengkleng Bu Pon di shelter Loji Wetan, Jalan Kapten Mulyadi
  • Tengkleng Klewer Bu Ed di Pasar Klewer
  • Tengkleng Rica Pak Manto di Jalan Honggowongso, Sriwedari, Laweyan
  • Tengkleng Bu Jito Dlidir di Jalan Kolonel Sugiyono, Kadipiro
  • Tengkleng Yu Tentrem di Kampung Ngadisono, Jalan Letjen Sutoyo, Kadipiro

 

Timlo Sastro

 

Selain tengkleng, makanan satu ini juga cukup populer dan jadi favorit wisatawan. Timlo sastro merupakan olahan antara sosis solo, potongan daging ayam, telur pindang hingga hati dan ampela yang disajikan dengan kuah bening seperti soto.

 

Satu tempat yang cukup terkenal buat sobat TRAC yang ingin mencicipi makanan ini berada di Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Gede. Harganya cukup ramah di kantong, mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 18 ribu aja, sob.

 

 

 

Serabi Notosuman

 

Kuliner terakhir merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras. Meski bukan makanan berat, Serabi Notosuman nggak kalah populer dari kuliner Solo lainnya.

 

Punya tekstur yang lembut dengan citarasa otentik, makanan ini punya dua varian rasa yang mesti sobat coba, yakni original dan rasa coklat.

 

Biar nggak penasaran, sobat TRAC bica mencoba serabi notosuman Ny. Lidia yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin Nomor 28, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta.

 

Gimana, makin terpesona dengan kota Solo? Ayo rencanakan liburan bareng keluarga ke kota yang kental dengan sejarah dan budayanya ini.

 

Biar lebih nyaman menjelajah berbagai destinasi yang ada, sobat bisa gunakan layanan rental mobil TRAC. Tersedia dua pilihan, yakni rental mobil lepas kunci atau dengan pengemudi.

 

Untuk kemudahan, pesan lewat aplikasi TRACtoGo. Segera install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple App Store. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati beragam kemudahan layanan TRAC.

 

Informasi terkini seputar promo dan tips wisata lainnya, lupa follow media sosial TRAC di instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp