Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Berbagai Kota
Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Berbagai Kota
Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Berbagai Kota

Travel

Rekomendasi Wisata Ramah Anak di Berbagai Kota

11 Desember 2023

Share

Mendekati akhir tahun, aura liburan akan semakin terasa terlebih anak-anak sekolah juga akan memasuki masa libur peralihan semester. Sayangnya, nggak semua orang tua bisa mendapatkan cuti untuk melakukan liburan bersama dalam waktu yang cukup lama.

 

Jika ini terjadi pada Sobat TRAC, maka liburan singkat di sekitar kota tempat tinggal bisa menjadi alternatif. Kunjungi tempat-tempat wisata ramah anak dan lakukan berbagai kegiatan seru bersama dengan keluarga untuk mempererat bonding.

 

TRAC telah merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata ramah anak di berbagai kota. Destinasi ini bisa sobat TRAC kunjungi dengan sedikit berkendara ke kota tetangga atau sekadar menghabiskan akhir pekan di pusat kota. 

 

7 Wisata Ramah Anak Paling Hits di Indonesia

 

Hill Park Sibolangit, Medan

 

Banyak orang yang mengenalnya sebagai Disneyland-nya anak Medan. Taman bermain seluas 20 hektar ini memiliki banyak wahana dengan berbagai tema yang disukai anak-anak, bahkan orang dewasa juga bisa ikut bermain lho.

 

 

 

Hill Park Sibolangit menggunakan sistem tiket terusan sehingga sobat TRAC tak perlu membeli tiket setiap akan naik wahana. Spesial libur akhir tahun 2023, Hill Park Sibolangit juga memiliki penawaran yang cukup menguntungkan terutama bagi Sobat yang datang dengan banyak orang.

 

  • Lokasi : Jalan Jamin Ginting, Sikeben, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
  • Jam Buka : 10.00-18.00 (Senin-Jumat) dan 10.00-20.00 (Sabtu-Minggu)
  • Harga Tiket : Rp120.000/orang, Rp550.000 untuk 5 orang

 

Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

 

Kunjungi wajah baru Taman Mini Indonesia Indah bersama keluarga dan eksplor setiap museum dan taman yang ada. Tempat ini tentunya sudah nggak asing sobat TRAC yang tumbuh di sekitar Jabodetabek. Sobat bisa berbagi cerita nostalgia mengenang kunjungan di masa lampau dan menciptakan momen indah baru bersama si kecil. 

 

Wisata ramah anak andalan warga Jakarta ini memiliki berbagai museum yang menyenangkan sekaligus mengedukasi seperti museum listrik dan energi baru, museum transportasi dan PPIPTEK.

 

Spesial Akhir Tahun, Rental Mobil Innova Mulai dari Rp 500 Ribu

 

Jangan lupa juga untuk mampir dan berfoto di berbagai anjungan daerah, dijamin meski hanya berlibur di dalam kota namun bisa serasa liburan keliling Indonesia.

 

  • Lokasi : Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur
  • Jam Buka : 06.00 - 20.00 (Senin-Minggu)
  • Harga Tiket : Rp15.000 untuk pintu masuk dan Rp5.000-Rp50.000 untuk kunjungan museum dan taman

 

Scientia Square Park, Tangerang

 

Ruang terbuka hijau di pinggir Kota Jakarta ini juga bisa masuk dalam daftar liburan bagi warga Jabodetabek.

 

 

 

Disini sobat TRAC bisa mengenalkan anak pada berbagai kegiatan yang berhubungan dengan alam, mulai dari sekadar berlarian di rumput, bertemu dengan hewan alpaca yang menggemaskan hingga simulasi menanam padi di sawah. 

 

  • Lokasi : Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.
  • Jam Buka : 07.00-20.00 (Senin-Jumat), 06.00-10.00 (Sabtu), 06.00-09.00 (Minggu)
  • Harga Tiket : Rp45.000 (senin-jumat) dan 90.000 (akhir pekan/hari libur)

 

Animallium, Bogor

 

Mengusung konsep eduwisata, Animalium hadir untuk mengenalkan dunia fauna dengan cara yang menyenangkan. Tempat wisata ramah anak ini merupakan salah satu fasilitas riset milik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

 

Nggak cuma bisa mengenal satwa dari peraga aja, sob. Disini juga ada ratusan koleksi satwa liar yangs ditampilkan sebagai bahan pembelajaran sekaligus penelitian dan riset. Berbagai satwa yang ada mulai dari aves (burung), pisces (ikan), herpetofauna (reptil), invertebrata (serangga), hingga mamalia.

 

  • Lokasi : KST SOEKARNO, Jl. Raya Jakarta-Bogor No.KM 46, Sentul, Cibinong, Kabupaten Bogor.
  • Jam Buka : 09.00-16-00 (Selasa-Minggu), Hari Senin tutup
  • Harga Tiket : Rp95.000 untuk anak usia sekolah (sudah termasuk binder edukasi berisi materi dan pensil warna) dan Rp75.000 untuk dewasa. 

 

Taman Pintar, Yogyakarta

 

Berada di sekitar Jalan Malioboro yang ramai, tempat ini selalu menarik untuk dikunjungi apalagi jika Sobat TRAC dan si kecil memiliki ketertarikan dengan sains. Taman pintar memiliki beberapa zona yang berbeda, pusatnya berada di gedung Oval-Kotak yang merupakan zona sains dan teknologi.

 

Disini, sobat bisa menemukan berbagai alat peraga yang seru untuk di coba. Jika si kecil memiliki cita-cita menjadi astronot maka kunjungan ke planetarium tentu tak boleh dilewatkan begitu saja.

 

  • Lokasi : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Gondomanan, Kota Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.30-16.00 (Senin-Minggu)
  • Harga Tiket : Rp12.000-Rp20.000 (Gedung Oval-Kotak), Rp22.000 (Planetarium)

 

Jatim Park dan Museum Angkut, Kota Batu

 

Nggak bisa dipungkiri lagi, Museum Angkut dan Jatim Park menjadi tempat wisata favorit bagi warga Jawa Timur, bahkan wisatawan daerah lainnya.

 

 

 

Di kota Batu sendiri, destinasi ini terbagi menjadi 2, yakni Jatim Park 1 dan 2. Jatim Park I merupakan taman wisata keluarga yang memiliki berbagai wahana.

 

Sedangkan Jatim Park 2 merupakan kebun binatang, serta museum angkut yang lokasinya nggak jauh dari Jatim Park 2. Disana terdapat banyak koleksi kendaraan keren dan unik.

 

Tempat - tempat ini terbilang ramah anak lantaran lokasinya yang luas dan koleksinya yang menyenangkan. Museum angkut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet yang mudah diakses dan jalur yang ramah bagi stroller. 

 

  • Lokasi : Kota Batu, Jawa Timur
  • Jam Buka : umumnya nyaman dikunjungi pada waktu pukul 10.00-16.00
  • Harga Tiket : Mulai dari Rp100.000, terdapat juga harga paket dengan atraksi wisata lain yang lebih hemat.

 

Pantai Akkarena, Makassar

 

Berbeda dari Pantai Losari yang hanya bisa dinikmati tepiannya, di Pantai Akkarena sobat TRAC juga bisa bermain air dan pasir. Jika berkunjung ke sini sebaiknya membawa baju ganti dan jangan lupa bawa peralatan bermain agar bisa membuat istana pasir. 

 

Kontur Pantai Akkarena cenderung landai memungkinkan anak bermain dengan bebas, meski begitu harus tetap dalam pengawasan ya, sob.

 

Pantai ini sudah dikelola cukup baik dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti toilet dan beberapa kios penjual makanan. Sobat TRAC juga bisa mampir ke pusat perbelanjaan yang berada tak jauh dari pantai.

 

  • Lokasi : Jalan Tanjung Bunga, Kota Makassar
  • Jam Buka : 06.00-17.00 (Senin-Minggu)
  • Harga Tiket : Rp10.000-Rp15.000

 

Selain yang ada dalam daftar di atas tentu masih banyak destinasi wisata ramah anak yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan. Sobat TRAC bisa menjelajah kota tempat tinggal untuk menemukan tempat-tempat menarik bersama keluarga.

 

Keliling Indonesia Rental Mobil TRAC Hemat hingga 25 Persen

 

Agar perjalanan terasa makin nyaman, Sobat bisa menggunakan berbagai pilihan armada rental mobil dari TRAC. Nikmati setiap perjalanan dengan nyaman serta aman, dengan dukungan pengemudi berpengalaman dan profesional.

 

Lakukan pemesanan dengan mudah dan aman lewat halaman reservasi di website TRAC atau melalui aplikasi TRACtoGo. Download dan install aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun Apple Appstore. Jangan lupa registrasi membership untuk menikmati layanan TRAC lainnya.

 

Follow media sosial TRAC melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan informasi terkini tentang destinasi yang jadi hidden gem hingga yang sedang hits.

 

Kemanapun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp