08 Itinerary 2 hari 1 malam Wisata Banjarmasin.jpg
08 Itinerary 2 hari 1 malam Wisata Banjarmasin.jpg
08 Itinerary 2 hari 1 malam Wisata Banjarmasin.jpg

Travel

Itinerary 2 hari 1 malam Wisata Banjarmasin

12 Oktober 2022

Share

Dikenal sebagai Kota Seribu Sungai, Banjarmasin dan sekitarnya memiliki potensi wisata yang belum banyak dikenal orang. Ibu kota Kalimantan Selatan dan beberapa daerah di sekitarnya memiliki bermacam destinasi unik dan ikonik. Tak ketinggalan petualangan rasa yang akan menggetarkan lidah. 

 

Tertarik untuk berwisata ke Banjarmasin? TRAC telah merancang itinerary perjalanan bagi Anda yang akan bertandang selama 2 hari 1 malam di Banjarmasin. 


 

 

Itinerary 2 hari 1 malam Wisata Banjarmasin
 

Hari 1: Dari Tanah Laut hingga Lontong Orari

 

Datanglah di pagi hari agar Anda bisa menjelajah berbagai daerah di sekitar Banjarmasin. Jika tiba dengan moda transportasi udara, maka Bandara Syamsudin Noor adalah titik awal petualangan Anda di Kalimantan Selatan. Berkendaralah ke arah selatan menuju Kabupaten Tanah Laut. Disana Anda akan menemukan berbagai destinasi wisata alam yang indah dan memanjakan mata.

 

Perhentian pertama adalah Air Terjun Bajuin, destinasi ini bisa dijangkau sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara. Air terjun ini memang tak begitu tinggi namun indah dipandang mata. Paduan rindangnya pepohonan dan air terjun bertingkat tentu bukan pemandangan harian yang bisa dinikmati bagi warga perkotaan. 

 

Perjalanan bisa dilanjutkan ke Bukit Rimpi Pelaihari. New Zealand versi Borneo atau bukit teletubbies, begitulah orang banyak menyebutnya. Hamparan rerumputan di bukit-bukit kecil ini tentu terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk pemandangan terbaik, sebaiknya datang saat peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

 

Untuk makan siang, Anda bisa mampir ke Lesehan Tepi Danau PTP yang menyajikan berbagai masakan khas Kalimantan Selatan. Salah satu menu yang harus Anda coba adalah gangan asam patin. Ikan patin yang dimasak dengan kuah kuning yang asam dan segar. 

 

Perjalanan kembali menuju Banjarmasin, sempatkan diri untuk mampir ke Taman Labirin Pelaihari. Anda dapat sejenak beristirahat sambil bermain di aneka wahana dan tentunya menyusuri labirin cantik.

 

Perjalanan dapat dilanjutkan untuk menghabiskan sore di Banjarmasin. Arahkan tujuan ke Menara Pandang Banjarmasin yang tersohor. Di sana Anda bisa menikmati Kota Banjarmasin dari ketinggian. Selain itu, Anda juga bisa sekadar berjalan sore menyusuri tepi Sungai Barito di Kawasan Wisata Siring yang ramai.

 

Untuk makan malam, jangan lewatkan Lontong Orari yang termahsyur. Seporsi Lontong Orari berisi dua buah lontong berbentuk segitiga berukuran besar yang disiram dengan kuah gurih santan. Jangan lewatkan aneka lauk-pauk yang dimasak dengan bumbu habang atau bumbu merah. Anda dapat memilih lauk yang disuka, umumnya adalah ayam dan telur namun jangan lewatkan iwak haruan bumbu habang alias ikan gabus yang menjadi jawaranya.


 

 

Hari 2: Wisata Banjarmasin yang ikonik di pasar terapung dan berburu batu di Martapura

 

Konon katanya, belum ke Banjarmasin jika belum ke pasar terapung yang menjadi ikon wisata Banjarmasin. Bangunlah sebelum matahari tinggi, jika Anda tak mau melewatkan destinasi super ikonik ini.  Pasar Terapung Lok Baintan hanya beroperasi dari pukul 6-9 pagi Waktu Indonesia Tengah. Para pedagang dan pembeli menggunakan perahu kayu khas masyarakat Banjarmasin. Aneka hasil bumi seperti buah dan sayur diperdagangkan di sini, ada pula berbagai kebutuhan harian lainnya. Seru!

 

Tak sulit mencari kapal yang akan mengantarkan Anda ke pasar terapung, bahkan biasanya para pemilik kapal juga menawarkan satu paket wisata lengkap hingga ke Pulau Kembang. Pulau ini dihuni oleh ratusan kera yang akan mengingatkan Anda dengan hutan yang ada di Bali.

 

Selesai bertualang menyusuri sungai Barito, saatnya mengisi tenaga dan mencicipi Soto Bang Amat yang terkenal. Seporsi Soto Banjar tentu tak hanya akan memberikan tenaga ekstra namun juga petualangan rasa. Ada dua menu unik di Soto Bang Amat yaitu soto dan sop. Dengan kuah yang sama, apabila Anda memakannya dengan lontong maka akan disebut soto namun namanya akan berubah menjadi sop jika dihidangkan dengan nasi.

 

Jika ada waktu luang Anda bisa sejenak mampir ke Martapura sebelum kembali ke Bandara. Pasar Intan Martapura dikenal sebagai sentra batu batu mulia dan batu alam. Di sini juga terdapat berbagai kerajinan dan camilan yang layak untuk dijadikan buah tangan. Tak sempat ke Martapura? Tenang saja beberapa sentra oleh-oleh juga dapat Anda jumpai di kawasan Kota Banjarmasin. Kain Sasirangan hingga kerupuk ikan yang lazim disebut kuku macan biasa dibawa pulang oleh para pelancong yang datang

 

Dengan destinasi yang tersebar, Anda sebaiknya mempersiapkan sarana transportasi yang memadai saat berwisata ke Banjarmasin. TRAC sebagai penyedia layanan rental mobil terpercaya dengan jaringan di seluruh Indonesia selalu siap mendukung segala kebutuhan perjalanan Anda, termasuk saat berwisata ke Banjarmasin. 

 

Pilihlah layanan rental mobil lengkap dengan pengemudi agar Anda bisa fokus bertualang di Kalimantan Selatan. Pengemudi dari TRAC telah memiliki oleh kemampuan defensive driving yang akan mendukung kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda. 

 

Segera unduh aplikasi TRACtoGo di Google Playstore maupun di Apple App Store untuk kemudahan reservasi langsung dari ponsel Anda, kapan saja dan di mana saja. Selain itu, dapatkan juga penawaran menarik dan promo yang menggoda hanya di aplikasi TRACtoGo. Jangan lupa follow sosial media TRAC untuk informasi terkini baik melalui instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp