https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-132-Header-tgl-27.jpeg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-132-Header-tgl-27.jpeg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-132-Header-tgl-27.jpeg

Travel

Mengintip Lok Baintan, Pasar Apung Paling Legendaris di Banjarmasin

30 Oktober 2020

Share

Kalimantan terkenal dengan sungai-sungai indah yang mengalir membelah setiap kawasan pulau. Keindahan tersebut tak hanya elok dipandang mata, tapi juga unik karena oleh warga setempat dijadikan sebagai sarana jual beli atau akrab disebut pasar terapung. Sebuah keunikan yang mungkin tak akan Anda temui di pulau lain di Indonesia. 

 

Dulu, pasar terapung sangat mudah ditemui di penjuru Kalimantan. Tapi seiring berkembangnya zaman, keberadaan pasar tradisional ini tergerus kehadiran pasar-pasar modern. Tapi tak perlu khawatir, karena Anda masih menyambangi beberapa pasar terapung yang bertahan di terpa zaman. Salah satunya Lok Baintan, pasar apung ikonik milik kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

 

Sensasi Berbelanja Di Pasar Terapung Lok Baintan

 

Berada di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pasar terapung Lok Baintan beroperasi di atas Sungai Martapura. Nama Lok Baintan sendiri merujuk pada anak Sungai Martapura tempat pasar beroperasi. Untuk mencapai pasar ini, dari pusat kota Banjarmasin memakan waktu sekitar satu jam via jalur darat. 

 

Sensasi Berbelanja Di Pasar Terapung Lok Baintan

 

Sensasi tak terlupakan akan Anda rasakan di pasar apung Lok Baintan. Karena baik pedagang maupun pembeli sama-sama akan dibuai riak aliran sungai. Aktivitas pasar sendiri dimulai sejak pukul 05.30 WITA. Jadi, jika Anda ingin berkunjung, direkomendasikan di waktu-waktu tersebut, ya.

 

Di sini Anda bisa berinteraksi tawar-menawar menggunakan perahu kelotok dengan pedagang yang menjajakan beragam jenis dagangan. Mulai dari hasil pertanian dan perkebunan, makanan tradisional, makanan untuk sarapan, hingga souvenir.

 

 

 

Transaksi di pasar Lok Baintan terjadi setiap harinya. Namun, hari terbaik untuk berkunjung adalah hari Jumat yang merupakan hari pasar.

 

Selain itu, keramaian pasar Lok Baintan juga akan melebihi hari-hari biasa jika musim panen tiba. Jenis dagangan akan didominasi oleh hasil pertanian dan kebun warga. Hal unik yang juga akan Anda jumpai di sana, sesama pedagang masih menerapkan sistem barter saat bertransaksi. Unik banget ya

 

Pedagang yang mendayung perahu di pasar Lok Baintan datang dari beberapa kampung tak jauh dari anak Sungai Martapura. Pengunjung dan pembelinya pun beragam. Mulai dari warga sekitar, wisatawan domestik, hingga turis mancanegara. 

 

Akses menuju Pasar Terapung Lok Baintan

 

Selain berkendara lewat jalur darat, ada alternatif lain yang bisa jadi pilihan untuk mencapai pasar Lok Baintan, yakni dengan menyusuri sungai. Dari pusat kota Banjarmasin Anda bisa menuju pasar Lok Baintan menggunakan perahu klotok dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

 

Akses menuju Pasar Terapung Lok Baintan

 

Waktu terbaik berangkat menggunakan perahu adalah pukul 05.00 WITA karena setibanya Anda akan langsung disambut riuhnya aktivitas pasar yang baru dimulai.

 

Jelajahi Keindahan Pasar Terapung Lok Baintan dengan Rental Mobil TRAC

 

Namun, jika ingin menempuh jalur darat sembari menyaksikan indahnya sepi Banjarmasin di pagi hari, Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil dari TRAC.

 

TRAC sudah mengelola lebih dari 24 ribu armada serta melayani lebih dari 3000 pelanggan di segmen korporasi. Kabar baiknya, TRAC memiliki beragam layanan sewa yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk perjalanan santai bersama keluarga.

 

 

 

Anda bisa memanfaatkan rental mobil yang terdiri dari berbagai type dan merek mobil. Namun, jika Anda bepergian dengan rombongan besar, pilih saja layanan sewa bus dari TRAC. Tersedia small bus (13 & 15 kursi), medium bus (18 & 35 bus), big bus (45 & 59 kursi), atau Luxury bus (11 kursi dan dilengkapi fasilitas karaoke, pantri, ruang meeting, dan toilet).

 

Untuk layanan rental mobil harian, terdapat dua pilihan. Yakni layanan rental mobil lepas kunci dan dengan pengemudi. Memilih rental mobil lepas kunci artinya Anda akan mendapatkan perjalanan yang lebih fleksibel serta menantang.

 

Sedangkan memilih sewa mobil dengan pengemudi, Anda akan ditemani oleh pengemudi TRAC yang dibekali dengan sertifikat devensive driving yang mengedepankan ketepatan waktu, kerapihan dan penampilan yang layak, menghargai pelanggan, serta pengetahuan tentang rute jalan yang luas. 

 

 

 

Anda juga tak perlu cemas, karena dalam rangka menerapkan protokol kesehatan, setiap pengemudi TRAC yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan, yang meliputi pengecekan suhu dan terbebas dari gejala influenza seperti batuk, flu, sakit tenggorokan, dan gangguan pernapasan. 

 

Dalam rangka meminimalisir kontak dengan pelanggan, pengemudi TRAC juga diwajibkan untuk memakai masker dan sarung tangan. Selain itu, setiap unit kendaraan TRAC senantiasa dibersihkan dan disemprot dengan disinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan. Tak lupa, hand sanitizer senantiasa tersedia dalam unit kendaraan. Perjalanan Anda akan lebih nyaman dengan TRAC SMART: Sanitized “ Wear a Mask“ Ready to Go! 

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp