• Beranda
  • Blog
  • Travel
  • Pesona Budaya dan Alam di Tana Toraja, Sebuah Alasan Anda Perlu ke Sana

https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-162-2021 - JAN - Web Artikel_02 Banner 28.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-162-2021 - JAN - Web Artikel_02 Banner 28.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/article-162-2021 - JAN - Web Artikel_02 Banner 28.jpg

Travel

Pesona Budaya dan Alam di Tana Toraja, Sebuah Alasan Anda Perlu ke Sana

01 Februari 2021

Share

 

 

Pesona Tana Toraja (foto: iStockphoto)

 

Tana Toraja merupakan kawasan di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan yang menyimpan banyak eksotisme dan keunikan. Kawasan yang didiami Suku Toraja ini menjadi satu bukti bahwa keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia memang sejauh mata memandang.

 

Sejak lama pula diketahui bahwa eksotisme dan keunikan adat istiadat Suku Toraja telah jadi magnet yang mendatangkan turis. Kalau Anda belum mendengar banyak tentang Tana Toraja, 6 pesona alam dan budaya berikut ini agaknya bisa bisa jadi alasan untuk Anda segera mengunjunginya.

 

 

1. Buntu Burake

 

Panorama dari Buntu Burake (foto: istockphoto)

 

Jika Brasil punya Patung Kristus Penebus, maka Tana Toraja punya Patung Yesus Buntu Burake yang tak kalah indah dan megah. Teletak di Bukit Buntu Burake, Kota Makale, patung ini telah jadi situs religi tersohor bagi pemeluk agama Kristen. Kendati demikian, siapa saja bisa mengunjungi destinasi ini.

 

Selain bisa menyaksikan keindahan Patung Yesus Buntu Burake yang menjulang, di sini Anda juga bisa menikmati pesona alam yang mengagumkan. Jika datang menjelang matahari terbit, Anda bahkan bisa menyaksikan sunrise dari titik terbaik. Untuk sensasi yang sedikit menantang, panorama Bukit Buntu Burake juga bisa Anda nikmati dari jembatan kaca sepanjang 90meter yang menjadi akses menuju patung.

 

2. Lemo dan Londa

 

Lemo, pemakaman adat suku Toraja (foto: iStockphoto)

 

Lemo dan Londa adalah salah dua magnet Tana Toraja yang berlokasi di Desa Sandan Uai. Di Lemo Anda bisa melihat lokasi pemakaman yang berada persis di tebing, dekat dengan area pesawahan penduduk. Di dinding tebing tersebut Anda akan mendapati patung-patung yang merupakan gambaran jenazah yang dimakamkan, khususnya bangsawan dan para tokoh.

 

Sementara Londa merupakan bagian dalam dari tebing. Pemandangan yang akan Anda temui adalah pemakaman keluarga berdasarkan kasta. Anggota keluarga dengan kasta tertinggi akan menempati bagian paling atas Goa Londa. Yang menarik lagi, Lemo dan Londa terbentuk dari unsur mineral logam yang mengendap bertahun-tahun, sehingga menghasilkan pemandangan stalaktit dan stalakmit dengan rona warna indah, apalagi jika terpapar cahaya matahari.

 

3. Kete Kesu

 

Desa tradisional Kete Kesu (foto: iStockphoto)

 

Sebagai sebuah desa, Kete Kesu punya daya tarik melebihi dugaan Anda. Desa yang terletak di Kampung Bonoran sekitar 5km dari pusat Kota Rantepao ini begitu terkenal akan adat dan kehidupan tradisional masyarakatnya. 

 

Jika berkunjung ke sini, Anda tak hanya disuguhkan berbagai peninggalan zaman lampau, seperti rumah adat dan kuburan batu dengan perkiraan usia mencapai 500 tahun. Melainkan juga dapat menyaksikan dan berbaur dengan keseharian masyarakat.

 

4. Bori Kalimbuang

 

Bebatuan purba Bori Kalimbuang (foto: iStockphoto)

 

Jika ingin dibanding-bandingkan, maka Bori Kalimbuang adalah Stonehenge ala Tana Toraja. Bori Kalimbuang merupakan situs pemakaman yang dihiasi hamparan batu menhir warisan era megalitikum. Setidaknya terdapat 102 menhir di kawasan rante atau kawasan tempat dilangsungkan upacara pemakaman bagi para pemangku adat atau Parenge dan para bangsawan Toraja.

 

Situs yang berlokasi di Kecamatan Sesean ini sudah berdiri sejak tahun 1617. Bebatuan yang ada di sini dulunya dibawa dari atas gunung oleh penduduk setempat dengan berbagai tahapan ritual. Meski memiliki ukuran yang berbeda-beda, tiap batu yang dapat Anda temui punya nilai yang sama. Selain bebatuan mirip Stonehenge, di sini Anda juga akan mendapati bangunan khas Toraja yang merupakan tempat persemayaman peti jenazah saat upacara pemakaman dilakukan.

 

5. Rammang Rammang

 

Daerah bak negeri dongeng, Rammang Rammang (foto: iStockphoto)

 

Mengunjungi Rammang Rammang akan membawa Anda pada pengalaman unik yang tak bisa didapat dari tempat lain. Dalam kawasan yang berada di jalur Kota Makassar dan Tana Toraja ini, sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan panorama indah pegunungan karst Maros Pangkep, yang kini telah menjadi geopark dilindungi UNESCO.

 

Tak hanya bisa menikmati pegunungan karst terbesar setelah China dan Vietnam dari ketinggian, di Rammang Rammang Anda juga bisa menjajal perahu untuk mengitari tebing-tebing batu yang menjulang. Waktu terbaik berkunjung adalah menjelang matahari terbit, karena pada saat itu Anda bisa menikmati pemandangan kabut tipis yang menghilang diterpa mentari pagi. Sebagaimana arti kata Rammang yakni awan atau kabut dalam bahasa setempat, maka pengalaman ini wajib Anda coba.

 

 

6. Batutumonga

 

Pemandangan dari spot tertinggi di Tana Toraja, Batutumoan (foto: iStockphoto)

 

Destinasi ini adalah kampung di atas awan Tana Toraja. Berjarak sekitar 328km dari pusat Kota Makassar atau 14km dari Kota Rantepao, Batutumonga terletak di gunung tertinggi Tana Toraja, Gunung Sesean. Sejak dari perjalanan menuju destinasi, Anda akan dihibur oleh hamparan alam di antara jalan berkelok menuju ketinggian. 

 

Memiliki pemandangan alam nan indah dengan udara sejuk, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di Batutumonga. Di antaranya bersepeda atau treking menuju Gunung Sesean dengan melewati terasering sawah yang tak akan pernah Anda temui di perkotaan metropolitan.

 

Itu dia 6 destinasi budaya dan alam Tana Toraja dengan eksotisme dan daya tarik tersendiri. Bagaimana, Anda sudah punya cukup alasan untuk berkunjung ke Tana Toraja? Jika sudah, Anda bisa mulai merencanakan perjalanan dengan menggunakan layanan rental mobil dari TRAC yang melayani penyewaan mobil baik untuk pemakaian dalam kota maupun luar kota.

 

 

Selain telah berpengalaman mengelola lebih dari 24,800 armada dan melayani lebih dari 3,000 pelanggan di segmen korporasi, TRAC menawarkan beragam layanan transportasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika Anda ingin keliling Tana Toraja bersama keluarga atau sahabat dekat, layanan sewa mobil harian TRAC siap menemani Anda. Pilih saja berapa kapasitas mobil yang Anda butuhkan serta sistem penyewaan (selfdrive atau chauffeur) yang Anda inginkan. Jika Anda memilih chauffeur atau dengan pengemudi, Anda akan ditemani oleh pengemudi TRAC bersertifikat defensive driving yang mengutamakan ketepatan waktu, keamanan dalam berkendara, penghargaan terhadap privasi pelanggan, serta pengetahuan rute jalan yang luas. Bersama TRAC, tak perlu takut perjalanan tersendat.

 

Bagaimana jika ingin solo traveling? Anda juga bisa memanfaatkan layanan sewa motor dari TRAC, lho. Dengan begitu, perjalanan solo traveling Anda lebih mudah, praktis, dan efisien. Pun jika Anda ingin bepergian bersama rombongan saat business trip, TRAC menyediakan layanan sewa bus dengan berbagai ukuran yang dapat Anda manfaatkan. Layanan lainnya adalah Airport Transfer bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota dengan pesawat dan juga TRAC Bus with Bike Carrier untuk Anda yang tengah hobi olahraga bersepeda. 

 

Bersama TRAC, berbagai kebutuhaan mobilisasi Anda akan semakin mudah dan praktis. Namun, yang terpenting, mengingat pancemi Covid-19 masih belum usai, ke mana pun Anda pergi, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan sebagaimana TRAC secara konsisten menerapkan SMART PROTOCOL. Protokol kesehatan ini meliputi pembersihan rutin unit menggunakan disinfektan, memantau kesehatan pengemudi serta mewajibkan masker dan sarung tangan, menyediakan hand sanitizer, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp