https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/pontianak_singkawang_banner.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/pontianak_singkawang_banner.jpg
https://omnispace.blob.core.windows.net/image-article/pontianak_singkawang_banner.jpg

Travel

Napak Tilas Aruna dan Lidahnya di Pontianak dan Singkawang

21 Juli 2017

Share

Kisah Aruna dan Lidahnya karya Laksmi Pamuntjak yang diangkat ke layar lebar dengan mempertemukan kembali aktris Dian Sastro dan aktor Nicholas Saputra berhasil menarik minat khalayak akan Pontianak dan Singkawang.

 

Kisah cinta yang dikemas dengan tema kuliner ini memang unik, sehingga setelah selesai membaca novel atau menonton filmnya, tak sedikit yang mengaku ingin merencanakan perjalanan ke Pontianak dan Singkawang untuk mengunjungi tempat-tempat makan yang diulas dalam kisah tersebut. Segera rencanakan perjalanan ke Pontianak dan setibanya di sana, arahkan sewa mobil untuk mencicipi berbagai hidangan berikut ini.

 

Pengkang

Penganan khas pontianak ini mirip lemper. Terbuat dari beras ketan berisi ebi kering, dibungkus daun pisang, dijepit dengan sepasang bambu, dan dibakar hingga matang, masyarakat Tionghoa di Pontianak kerap menyebut aneka hidangan yang dibakar sebagai pengkang. Pengkang disajikan dengan sambal kepah khas Melayu yang bercita rasa manis pedas dan terbuat dari sejenis kerang yang hidup di hutan bakau.

 

Penganan inilah yang membuat pembaca dan penonton Aruna dan Lidahnya berniat ke Pontianak karena sebelum kisah tersebut muncul, pengkang tidak banyak diketahui, selain tidak pernah terbersit ingin mengunjungi Pontianak. Untuk mencicipi pengkang, kendarai sewa mobil ke Pondok Pengkang yang berada di Jalan Raya Peniti.

 

Kedai Kopi di Singkawang

Kisah Aruna dan Lidahnya banyak menceritakan tentang budaya dan masakan khas Singkawang, sehingga dari Pontianak, sempatkan juga ke Singkawang yang dapat ditempuh selama sekitar 3,5 jam berkendara dengan sewa mobil. Awali perkenalan pertama dengan Singkawang dengan duduk-duduk di kedai kopi tradisionalnya untuk menikmati suasana yang lebih mirip di Hong Kong ketimbang di sebuah kota di Kalimantan.

 

Kedai kopi di Singkawang biasanya bertempat di ruko sederhana tanpa fasilitas Internet nirkabel gratis. Minuman kopi yang ditawarkan terdiri kopi hitam dan kopi susu, sementara yang tidak minum kopi dapat memesan teh susu untuk pendamping aneka jajan pasar atau bubur. Salah satu kedai kopi yang direkomendasikan adalah Toko Kopi Nikmat di Jalan Diponegoro yang telah berdiri sejak 1930-an dan kini dikelola oleh generasi ketiga.

 

Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

Restoran sederhana yang dapat diakes naik sewa mobil ke Jalan Diponegoro nomor 68 ini menawarkan bakmi ayam dan bakso sapi. Pengunjung rata-rata memesan bakmi ayam spesial dengan topping yang terdiri babat, potongan telur dadar, bakso, daging, tahu goreng, hingga daun selada dan taoge.

 

Kuahnya yang terbuat dari kaldu sapi asli disajikan terpisah, sementara mi kuningnya adalah buatan sendiri. Awalnya, Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 dijajakan menggunakan gerobak pada sekitar tahun 1959. Baru sekitar 1970-an, pemiliknya mampu menyewa sebuah toko dan pada 1977 mampu membeli ruko di Jalan Diponegoro untuk menjajakan bakminya hingga hari ini.

 

Choipan Marga Tjhia

Choipan adalah salah satu makanan khas Tionghoa yang juga menjamur di Singkawang. Dumpling dari tepung beras yang lembut berisi potongan bengkuang ini ditaburi bawang putih goreng di atasnya. Paling nikmat disantap sesaat setelah diangkat dari kukusan, salah satu gerai choipan terkenal di kota ini yang juga menjadi lokasi syuting Aruna dan Lidahnya adalah di Rumah Tradisional Keluarga Tjhia. Untuk mencicipi choipan, datang saja dengan sewa mobil ke gerainya yang berada di Jalan Budi Utomo antara pukul 08:00 dan 16:00.

 

Sewa mobil di Pontianak sangatlah mudah dilakukan. Terlebih dengan kehadiran TRAC di kota ini maka pilihan paket sewa mobil pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik sewa mobil harian lepas kunci maupun dengan pengemudi.

 

Kedua pilihan sewa mobil tersebut pun termasuk asuransi. Bagi yang tidak ingin menyetir sendiri, berbagai tempat wisata di Pontianak dapat dikunjungi dengan layanan sewa mobil dengan pengemudi dengan pilihan durasi 4 dan 12 jam. Harga sewanya termasuk tarif pengemudi, bensin, tol, dan parkir.

 

Untuk kemudahan melakukan reservasi, unduh dan instal aplikasi TRACtoGo di Google Play Store dan Apple App Store. Dapatkan juga berbagai promo dan penawaran terbaik hanya di aplikasi keren ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Customer Assistance Center TRAC melalui nomor telepon 1500009 atau mengirimkan email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp