Ide Liburan Sekolah Tanpa Harus Keluar Kota
Ide Liburan Sekolah Tanpa Harus Keluar Kota
Ide Liburan Sekolah Tanpa Harus Keluar Kota

Tips

Ide Liburan Sekolah Tanpa Harus Keluar Kota

07 Juni 2024

Share

Siapa bilang liburan harus ke luar kota? Liburan di dalam kota juga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan lho! Untuk mengisi liburan anak sekolah kali ini, yuk ajak si kecil, keponakan atau adik untuk menikmati kota dengan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan.

 

Bulan Juni memang identik dengan libur anak kenaikan kelas anak sekolah. Karena masa libur yang cukup panjang, nggak jarang waktu ini digunakan untuk berlibur bersama keluarga.

 

Sayangnya berbeda dengan anak-anak, orang dewasa sering kali tak bisa libur atau mengambil cuti, Kalau seperti ini, liburan di dalam kota adalah solusinya karena bisa dilakukan sambil berakhir pekan.

 

5 Ide liburan Sekolah di Dalam Kota

 

Piknik di Taman Kota

 

Hampir setiap kota punya taman atau alun-alun. Luangkan waktu di pagi atau sore hari untuk menyambanginga bersama seluruh anggota keluarga. Meski terkesan klasik, tapi piknik di taman ini bisa jadi kegiatan yang cukup berkesan loh, sob.

 

 

 

Biar piknik kali ini nggak monoton, sobat bisa sedikit membuat persiapan tambahan. Misalnya dengan menentukan dresscode atau menyiapkan bekal khusus yang cantik.

 

Bawa juga beberapa properti untuk sesi foto lebih ciamik. Jangan lupa untuk membereskan tempat seperti semula dan tetap jaga kebersihan ya!

 

Sebagai rekomendasi, sobat TRAC yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, bisa coba untuk mampir ke Lapangan Banteng, Hutan Kota GBK atau bisa juga ke Taman Spathodea yang di kawasan Jagakarsa.

 

Beberapa taman di Bandung yang cocok untuk piknik ada taman Pustaka Bunga, Taman Gesit dan beberapa taman lain yang terletak di kawasan Lembang.

 

Bermain Sambil Belajar di Museum

 

Karena ada di masa liburan, jadikan kunjungan ke museum kali ini makin spesial. Coba deh ingat-ingat, kapan terakhir kali sobat berkunjung ke museum? Mengunjungi museum nggak cuma belajar masa lalu, tapi juga bisa memunculkan nostalgia di masa-masa study tour saat sekolah dulu.

 

 

 

Saat ini beberapa museum sudah berbenah dan jauh dari kata membosankan. Informasi dikemas cantik dan interaktif. Sebaiknya gunakan jasa pemandu agar bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan alur cerita yang terbaik.

 

Beberapa museum yang menarik dikunjungi di beberapa kota diantaranya:

 

  • Museum Nasional atau yang dikenal juga dengan museum gajah (Jakarta)
  • Lawang Sewu (Semarang)
  • Museum Sonobudoyo (Yogyakarta)
  • Museum Geologi (Bandung)
  • Museum Kereta Api (Ambarawa)

 

Mengunjungi Kebun Binatang atau Akuarium Raksasa

 

Jika si kecil belum bisa menikmati informasi sejarah yang ada di museum, opsi lain yang nggak kalah seru adalah kebun binatang dan akuarium.

 

Anak-anak biasanya akan mudah tertarik dengan bermacam-macam satwa, apalagi jika biasanya hanya mengenalnya dari buku atau tayangan video saja.

 

Yuk sapa secara langsung hewan-hewan kesukaan si kecil di Solo SafariKebun Binatang Surabaya atau Taman Margasatwa Ragunan.

 

Sobat juga bisa mengajak anak-anak untuk lebih dekat dengan aneka satwa di Animalium BRIN yang memadukan antara museum dan tempat penelitian satwa.

 

 

 

Untuk akuarium raksasa memang kebanyakan terdapat di sekitaran Jakarta seperti Jakarta AquariumBXSea atau Seaworld dan akuarium Air Tawar di TMII

 

Kulineran

 

Setelah berkunjung ke museum atau kebun binatang, sobat bisa menghabiskan waktu yang tersisa dengan berkeliling kota tempat tinggal dan mampir ke restoran atau bahkan sekadar menghampiri gerai cemilan favorit. 

 

Kalau mau sedikit bertualang rasa, coba ajak keluarga mencicipi menu baru, misalnya papeda yang berasal dari kawasan Indonesia Timur atau aneka mi dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Momentum ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk mencicipi makanan dari negara lain yang terdapat di restoran ada di kotamu. 

 

Staycation

 

Booking hotel atau penginapan yang di untuk menghadirkan suasana berlibur meski tetap di dalam kota. Pilih hotel ramah anak karena biasanya tipe hotel ini punya aneka program untuk sikecil saat menginap di sana.

 

Kalau kamu tinggal di kota besar, coba sedikit melipir ke pinggiran kota untuk menjajal glamping alias glamorous camping. Wah kalau begini sih pasti aura liburannya dapet banget deh!

 

 

 

Tetap Asik Liburan di Dalam Kota Bersama Rental Mobil TRAC

 

Supaya quality time bersama si kecil makin optimal, sobat bisa banget nih menggunakan layanan rental mobil untuk berlibur di dalam kota. Nikmati perjalanan keliling kota sambil sesekali bercerita tentang wilayah-wilayah yang dilalui.

 

Faktor transportasi bisa jadi salah satu kunci sukses liburan di dalam kota. Sobat bisa pergi kemana pun dan kapan pun sesuai dengan keinginan, bahkan bisa saja mengunjungi tempat yang sebelumnya nggak ada dalam daftar. 

 

Untuk fleksibilitas dan kenyamanan ekstra, gunakan layanan rental mobil dari TRAC. Sobat bebas menentukan durasi dan waktu pemakaian. Hingga memilih jenis mobil yang digunakan, mulai dari city car, MPV 7-seater atau SUV yang gagah di segala medan.

 

Spesial buat sobat yang mau berlibur di Indonesia aja, ada penawaran menarik nih dari TRAC. Dapatkan potongan hingga Rp100 ribu dengan menggunakan kode voucher DiIndonesiaAja untuk pemesanan rental mobil lepas kunci di aplikasi TRACtoGo sebelum tanggal 16 Juni 2024.

 

BANNER THUMBNAIL - TRAC X DIINDONESIAAJA 2024.jpg

 

Download aplikasi TRACtoGo di Google Play Store atau Apple App Store dan jangan lupa registrasi serta verifikasi membership untuk menikmati kemudahan layanan TRAC lainnya, seperti sewa bus pariwisata, airport transfer, hingga paket perjalanan wisata.

 

Follow instagram @trac_astra, facebook TRAC-Astra Rent a Car maupun twitter @TRACastra untuk mendapatkan berbagai informasi menarik mulai dari promo menarik, rekomendasi tempat wisata hits hingga hidden gem serta jadwal konser dan event terkini.

 

Kemana pun treknya, pakai TRAC aja!

 

Share

image-dots
image-circle-bg

Gratis Berlangganan Newsletter

Daftar untuk menerima artikel atau informasi terbaru langsung ke kotak masuk Anda.
WhatsApp